Pemekaran Tasela Jangan Dijadikan Alat Politik

63
1
Loading...

KARANGNUNNGAL – Jelang Pemilu 2019, isu pemekaran Tasik Selatan (Tasela) selalu muncul. Para politisi terus menggaungkan Tasela harus segera dimekarkan. Namun, sejauh ini belum ada realisasi dan dorongannya.

“Selama ini, para politisi hanya mendengung-dengungkan program Tasela akan dimekarkan, kesannya hanya dijadikan umpan politik saja kepada masyarakat, karena tidak ada realisasinya” ujar Kepala Desa Cikupa Kecamatan Karang­nunggal, Yudha Heryadhi saat dihubungi Radar, Senin (1/4).

Kata dia, pada pemilu-pemilu sebelumnya pun yang selalu digaungkan oleh calon legislatif (caleg) adalah soal pemekaran Tasela. Namun, sejauh ini implementasinya tidak ada sama sekali. “Ya (soal pemekaran Tasela, Red) hanya dipolitisasi saja dan tidak ada dampaknya. Padahal, banyak warga yang mengharapkan hadirnya DOB Tasela,” paparnya.

Dia berharap soal pemekaran Tasela ini tidak hanya menjadi umpan politik, namun harus benar-benar direalisasikan. Karena, kebutuhan hadirnya DOB Tasela ini sangat penting dalam memajukan daerah. “Tasela sudah layak untuk dimekarkan. Selain luas wilayah, sumber daya alam dan potensi wisata cukup melimpah untuk dikembangkan,” paparnya.

Terpisah, Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah, Yayan Siswandi mengatakan pembangunan di Tasela masih banyak ketimpangan dengan daerah lain. Maka dari itu, solusi yang tepat adalah pemekaran. “Hasil kajian akademis juga sudah dipublikasikan, bahwa Tasik Selatan layak untuk menjadi kabupaten baru,” ungkapnya. (obi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah .
    memang seharusnya sebuah tujuan membangun dan mengembangkan apalagi memekarkan daerah harus diperjuangkan bersama, bukan hanya dijadikan sebagai gubahan dan alat politik, tapi para Kepala Desa lah yang harus aktif kordinasi dan bersatu padu mendorong terealisasi percepatan pemekaran daerah. Karena Kepala kepala Desalah yang lebih berkompeten untuk terealisasinya pemekaran daerah.
    Dan dari sisi mana DPRD atau DPR-RI dapat mendorong kecuali dengan aspirasi dan desakan unsur masyarakat yang bersatu untuk tujuan pemekaran Tasik Selatan…. DPRD sebagai badan legislatif hanya bisa merekomendir, dan pemerintah sebagai eksekutif yang akan melegitimid…
    Tentunya kunci terealisasi kerjasama segenap unsur dalam mendorong pemekaran daerah, semakin aktif Kepala kepala Desa dan pemuka masyarakat semakin cepat pemerintah merespon dan merealisasikan. Tanpa itu semua, proses pemekaran daerah akan seperti larinya kura kura..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.