Syakur: Banyak Manfaat dari Terbentuknya DOB Garsela

Pemekaran Wilayah Garsela Harus Dipercepat

30
0
Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng

TAROGONG KALER – Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng menilai pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan (Garsela) tidak bisa lagi ditunda-tunda. Harus segera dilaksanakan.

Menurut dia, dengan pemekaran wilayah banyak manfaat yang dapat dirasakan masyarakat. Salah satunya, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat karena jangkauannya relatif dekat.

Selain itu, pemekaran akan berdampak pada pemerataan pembangunan di wilayah Selatan Garut. “Kalau ini yang menjadi tujuan utamanya, maka pemekaran ini sudah merupakan keniscayaan,” ujar Syakur dalam rilis yang diterima Rakyat Garut, Senin (23/7).

Syakur mengatakan kalau ada yang melihatnya dari perspektif kemampuan ekonomi, salah satunya dari pendapatan asli daerah (PAD), memang Garsela belum layak dimekarkan. Tetapi dirinya melihat tidak dari sisi ekonominya saja, melainkan dari berbagai persfektif. “Jika ada yang berpandangan seperti itu (tidak layak) dengan asumsinya dari segi ekonomi, itu sah-sah saja,” katanya.

“Jika perspektif ekonomi dijadikan pertimbangan dalam pemekaran wilayah Garsela, apakah Kabupaten Garut sekarang ini secara ekonomi sudah sudah layak? Pembentukan daerah baru kan tidak hanya melihat dari situ saja (ekonomi). Kan banyak wilayah lain bisa dimekarkan meski PAD-nya kecil,” tambahnya.

Menurut dia, jika pemekaran terus menunggu kesiapan dari sisi ekonomi, wilayah Garut Selatan tidak akan maju dan berkembang. “Seperti pedebatan antara telur dan ayam, duluan mana. Ini tidak akan pernah selesai jika tidak cepat diputuskan,” ujarnya.

Seharusnya, kata dia, jika Garut Selatan ingin maju maka pemerintah pusat melakukan inter­vensi khusus dengan meng­gelontorkan anggaran. Tentunya dengan memperhatikan sisi pengawasan supaya dana tersebut bisa tepat sasaran. “Kalau ada intervensi khusus baik pemerintah provinsi maupun pusat, pemerataan pembangunan lebih fokus. Wilayah Garut Selatan juga akan lebih maju lagi,” katanya.

Menurut Syakur, jika ada pemerintahan baru di wilayah Garut Selatan maka akan menimbulan multiplier effect, kondisi ini akan memancing para investor datang dan akan menumbuhkan ekonomi di wilayah tersebut. “Kalau diibarakan, jika ada gula maka akan banyak semut yang datang. Begitu juga dengan pemekaran ini, dimana ada kegiatan pemerintahan, maka pertubuhan ekonomi akan merata dan tumbuh,” katanya.

Dengan adanya pemerintahan di wilayah selatan pun nantinya akan ada pembangunan infrastruktur, sehingga jalan kabupaten hingga nasional terkoneksi. Dengan begitu investor akan berdatangan membangun usaha di wilayah selatan.

Dia mengatakan banyak potensi yang bisa dikembangkan para investor di wilayah selatan, mulai dari sektor pariwisata, perikanan dan perkebunan. “Sekarang PAD-nya kecil, itu jelas karena akses jalannya juga masih sulit dan jelek. Bagaimana investor mau masuk,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.