Pemeliharaan Taman Rp 1 Miliar

36
GELAP GULITA. Tugu Adipura baru yang dibangun di simpang Padayungan tidak dilengkapi lampu penerangan, Minggu (10/2).Rangga jatnika / radar tasikmalaya

CIHIDEUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menyiapkan anggaran pemeliharaan taman sebesar Rp 1 miliar untuk 2019. Nominal tersebut sudah termasuk upah tenaga harian lepas (THL).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya Yono S Karso menyebutkan anggaran tersebut untuk memelihara seluruh taman. Salah satunya median jalan yang sebelumnya sudah ditata. “Sekitar Rp 1 miliar, tapi itu untuk keseluruhan,” kata dia kepada Radar, Minggu (10/2).

Jumlah tersebut diakui cukup besar karena selain untuk perbaikan, juga untuk pengupahan pekerja. Pihaknya menugaskan THL guna memelihara keindahan taman. “Karena kita juga punya THL pemeliharaan yang harus diberi upah juga,” ujar dia.

Sementara ini, dia mengaku tidak ada kendala mengenai pemeliharaan taman. Berdasarkan pantauan, beberapa waktu lalu lampu taman median jalan HZ sempat mati. Yono membantahnya dan menegaskan tidak ada masalah. “Semuanya normal, saya sudah cek,” tuturnya.

Adapun pemindahan Tugu Adipura dari kawasan Masjid Agung ke persimpangan Padayungan sudah selesai. Hal itu bagian dari program Tahun Anggaran 2018.

Pantauan Radar, di lokasi Tugu Adipura tampak gelap di malam hari. Tidak ada penerangan yang dikhususkan untuk monumen bersejarah tersebut.

Hal itu diakui Yono. Pihaknya saat ini memang belum menempatkan penerangan di Tugu Adipura baru. Perwaskim akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terlebih dahulu. “Karena di situ ada PJU, nanti kita koordinasi dengan Dishub,” kata dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.