Pemerintah Desa Cikadongdong Tasikmalaya Fokus Bangun Fasilitas Pertanian

15

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA  –  Pemerintah Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna merealisasikan dana desa (DD) tahun ini untuk membangun saluran irigasi. Itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala Desa Cikadongdong Sarif Hidayat mengatakan pembangunan irigasi di Kampung Gunung Randi sampai ke Babakan Sirna ini mempunyai panjang 1.090 meter menggunakan alokasi DD tahap kedua tahun ini.

Kata dia, pembangunan ini dilakukan karena menjadi prioritas dan aspirasi dari masyarakat. Di mana mata pencaharian mayoritas masyarakat adalah pertanian. Maka untuk meningkatkan perekonomiannya harus ditunjang dengan fasilitas, kirmir irigasi. “Kirmir irigasi ini untuk mengatur aliran air ke beberapa titik wilayah pesawahan agar merata,” bebernya kepada Radar, Jumat (9/11).

Irigasi, kata dia, merupakan hal yang sangat penting bagi berlangsungnya pertanian. Maka dari itu, pemerintah desa akan selalu fokus untuk bisa meningkatkan semua fasilitas yang dapat menunjang perekonomian masyarakat. “Sebelum kirmir irigasi ini dibangun, air mengalir ke mana saja. Yang dampaknya air tidak bisa sampai ke pesawahan yang paling ujung,” bebernya.

Lanjut dia, di Desa Cikadongdong terdapat 130 hektare lahan sawah yang produktif. Maka dari itu, pemerintah desa lebih fokus dalam pembangunan infrastruktur pertanian.

Sehingga produktivitasnya bisa lebih baik dan meningkat dari segi kuantitasnya. “Tahap satu dan dua untuk irigasi. Tahap ketiga, yang akan segera dilaksanakan pembangunan jalan lingkungan,” pungkasnya. (obi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.