Pemerintah Genjot Kualitas Industri

37
0

JAKARTA – Kualitas industri tanah air terus digenjot. Di antaranya menerapkan kebijakan strategis, seperti mengembangkan industri pengolahan non migas.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antara mengatakan pemerintah semakin berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif. Sektor industri menjadi tujuannya. “Langkah strategis yang sudah dilakukan, antara lain melalui paket-paket kebijakan ekonomi, insentif dan kemudahan izin usaha,” ujarnya di Jakarta, Minggu (25/11).

Ngakan menegaskan, upaya tersebut diyakini dapat mengakselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional yang inklusif dan berkualitas. Hal ini membuat pemerintah berkomitmen melakukan transformasi ekonomi, yang menggeser ekonomi berbasis konsumsi menjadi berbasis manufaktur. ”Sehingga ekonomi Indonesia lebih produktif dan memberikan multiplier effect yang lebih luas,” tandasnya.

Karenanya, pihaknya harus konsistensi menjalankan program hilirisasi industri, dengan upaya pengembangan industri pengolahan nonmigas yang menitik beratkan pada pendekatan rantai pasok agar lebih berdaya saing di tingkat domestik, regional, dan global. “Pengembangan industri manufaktur nonmigas diprioritaskan pada sektor yang berbasis sumber daya alam dan menyerap lapangan kerja yang banyak,” imbuhnya.

Hingga kini, kata dia, tiga sektor manufaktur yang mampu melampaui pertumbuhan ekonomi sebesar 5,15 persen di triwulan III 2018, yakni industri tekstil dan pakaian, industri makanan dan minuman serta industri alat angkutan. (rdi/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.