Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Menyelenggarakan Nikah Massal

119
BERSAKSI. Bupati Tasikmalaya H Uu Ruzhanul Ulum menjadi saksi pernikahan massal di Gedung Islamic Center, Jumat (9/2).

PEMERINTAH Daerah Kabupaten Tasikmalaya bekerja sama dengan Kementerian Agama menyelenggarakan nikah massal yang di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (9/2).

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara tersebut dan berkesempatan menjadi salah satu saksi dari 30 pasangan pengantin yang datang dari 17 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa nikah massal tingkat Kabupaten Tasikmalaya merupakan wujud perhatian pemerintah kepada warganya sebagai langkah awal untuk membentuk keluarga taat hukum yang menjadi bagian penting masyarakat.

“Sungguh sangat perlu bagi warga untuk mendapatkan kepastian hukum atas status keluarga dan pernikahan mereka. Pernikahan memiliki peran yang sangat penting bagi penyemaian nilai-nilai, pembinaan karakter dan keluhuran akhlak. Karena dari sinilah akan terbentuk struktur sosial kecil dalam masyarakat dalam bentuk keluarga,” tutur bupati.

Bupati mengatakan terbentuknya keluarga yang dibangun atas dasar nilai luhur ajaran agama akan melahirkan generasi dan sumber daya yang berkualitas. Keluarga dijadikan semangat dalam membangun moralitas sekaligus dijadikan basis bagi pembangunan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dan dapat diandalkan.

“Rumah tangga hendaknya dijadikan tempat bernaung sebuah keluarga dan tempat penempaan nilai-nilai luhur. Jangan dijadikan hanya tempat menginap setelah sibuk kerja tetapi jadikanlah tempat berkomunikasi seluruh anggota keluarga sehingga tercapainya penanaman nilai-nilai moral dan keteladanan. Ingat rumah tangga itu tidak ada teori khusus. Kunci keberhasilan rumah tangga adalah ketika anggota rumah tangga dapat saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” papar bupati.

Bupati memaparkan nikah massal merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menguatkan sendi-sendi pembinaan keluarga melalui lembaga pernikahan. Diharapkan program ini dapat membantu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam mencapai percepatan ketertiban administrasi dokumen kependudukan di Kabupaten Tasikmalaya. (snd/rls/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.