Pemerintah Pusat Impor Sapi dari Meksiko, Begini Kata Pemkab Garut

53
0
PERSIAPAN. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Garut Sofyan Yani saat ditemui Kamis (27/6). Yana Taryana / rakyat Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Garut mendukung rencana pemerintah pusat untuk mengalihkan pembelian sapi impor dari Meksiko. Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Garut Sofyan Yani, rencana importase sapi dari Meksiko dinilai tepat untuk mengurangi ketergantungan impor sapi Indonesia dari Australia.

“Memang wilayahnya jauh di Amerika sana, namun harganya tidak terlalu mahal,” ujarnya, Kamis (21/1). Menurutnya, banjir besar yang melanda sebagian besar kawasan Australia 2018 lalu cukup memukul kawasan peternakan negera kangguru itu, sehingga populasi sapi mereka menurun drastis. Sementara kebutuhan dari Singapura, Cina, Vietnam terhadap sapi Asutralia terus bertambah.

Dengan kondisi ini, kata dia, ikut mempengaruhi rencana ekspor kepada seluruh mitra, termasuk Indonesia, yang selama ini setia menggunakan sapi BC dari Asutralia.

Baca juga : Bahayakah Pengguna Jalan, Pohon Tua Pinggir Jalan Garut Dibabat

“Otomatis harga pun naik, terus pada saat bersamaan harga dolar Amerika pun lagi lesu, sehingga harga sapi Australia semakin tinggi,” katanya

loading...

Akibat menipisnya stok sapi Brahman Cross (BC) di dalam negeri, harga pun naik. “Informasinya mulai akhir Februari sapi Meksiko mulai masuk ke Indonesia,” ujar dia.

Saat ini harga pembelian atau belanja sapi impor di Garut sudah berada di atas harga Rp 115 ribu per kilogram. Angka itu naik dari sebelumnya Rp 97 ribu per kilogram.

Sementara harga daging sapi lokal masih berkisar di angka Rp 97 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 95 ribu per kilogram. “Selama pandemi ini kebutuhan untuk Pasar Ciawitali (pasar induk) sekitar 4-5 ton sehari, belum yang lain,” terangnya.

Sedangkan harga daging sapi beku impor dalam bentuk karkas dibanderol Rp 90 ribu per kilogram.

“Awalnya berada di angka Rp 85 ribu per kilogram,” ujarnya. Sofyan mengatakan meskipun terbilang baru, namun sapi Meksiko dinyatakan bebas dari penyakit sapi gila serta penyakit mulut kuku, yang biasa menyerang hewan ternak berkuku genap seperti babi dan sapi. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.