Pemerintah & Warga Ciamis Istigosah agar Terhindar dari Corona

131
0
ISTIGASAH. Siswa, masyarakat dan PNS melaksanakan istigasah di Alun-Alun Ciamis Jumat (14/3) pagi. Istigasah tersebut diinisiasi Pemkab Ciamis. Foto bawah, Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra usai melaksanakan istigasah kemarin. IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama masyarakat dan pelajar melaksanakan istigasah dan doa bersama di Alun-Alun Ciamis Jumat (13/3) sekitar pukul 08.00.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM menjelaskan masyarakat dunia saat ini tengah khawatir dengan penyebaran virus Corona.

Baca juga : Bendungan Leuwi Keris di Ciamis Didemo Warga Terdampak

Bahkan, kata Herdiat, mengutip WHO, siapa pun bisa terkena Corona. Maka, pihaknya mengajak semua pihak untuk melaksanakan istigasah. Dalam kesempatan itu, dipanjatkan doa agar masyarakat Ciamis terhindar dari virus Corona dan Kabupaten Ciamis terhindar dari segala macam bencana.

“Karena, dalam menghadapi bencana tentu kita harus olah pikir dan olah zikir. Olah pikir di mana menghasilkan langkah dan solusi cara mencegah dan menanggulanginya. Maka dengan olah zikir kembalikan segala sesuatunya kepada Allah SWT, tentunya berharap ada pertolongan-Nya,” ujar Bupati usai istigasah.

Bupati juga mengajak semua pihak menjaga pola hidup bersih sehat (PHBS), giat olahraga dan mengelola stress dengan seimbang. “Harus membiasakan cuci tangan pakai sabun dan sering berwudu, nah itu yang paling bagus,” paparnya.

Bupati mengimbau masyarakat jangan terlalu panik menghadapi virus Corona. Diingatkan juga masyarakat tidak menimbun makanan dan memborong masker, karena pada dasarnya masker hanya untuk orang sakit dan dipakainya pada tempat tertentu.

“Saya ingatkan untuk tidak menyebar berita hoaks berkaitan dengan penyakit Corona, karena belum tentu kebenarannya, jelas akan mengganggu ketentraman dan meresahkan,” ujarnya.

Irman (20), salah seoarang warga sangat menyambut baik istigasah tersebut, karena bisa sama-sama berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala balai, termasuk dengan wabah virus Corona. “Saya merasa tenang kalau sudah berdoa, karena yakin Allah SWT, semoga kita dijauhkan segala balai,” ujarnya.

Pembina Rumah Sehat Jantung dan Kanker Yayasan Pena Kabupaten Ciamis drh Totong Karyo mengatakan, virus corona bisa disembuhkan salah satunya dengan air elektrolisis/ionisasi yang memiliki antioksidan dan hidrogen aktif. Hal itu pun dibenarkan dalam penelitian jurnal 1990 oleh Chyntia dan Ketrin di Amerika Serikat.

Dalam jurnal tersebut ada sipat yang terjadi pada corona secara umum adalah stabil pada PH 6 dan suhu badan 37 derajat. “Memang sangat diteliti di kondisi seperti itu, ketika corona stabil dia akan efektif menjadi infeksi ke badan dan berpengaruh serta muncul gejala klinis atau sakit pada manusia,” ujarnya kepada Radar, Kamis (12/3).

Kata dia, hasil penelitian berbagai ahli bahwa virus corona ada pada hewan-hewan liar, seperti kelelawar, anjing dan kucing. Corona pada hewan tersebut terdapat di organ ginjal, hati, paru-paru atau organ pertahanan.

Semua itu tidak akan menunjukkan gejala apapun, tapi ketika corona sudah berinteraksi dengan inang bisa infeksi ke manusia dan langsung muncul gejala penyakit. “Itu pun bila daya tahan tubuh manusia kurang,” ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, masyarakat harus menjaga kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghindari terserang virus corona. “Untuk mencegahnya perlu daya tahan tubuh yang baik, bisa dengan diisi nutrisi cukup selain menjaga kesehatan dan kebersihan dari luar,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.