Pemetaan Kampanye Harus Matang

54

TAWANG – Politisi Gerindra dan Nasdem belum menerima kepastian penjadwalan kampanye rapat umum dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya. Mereka meminta penyelenggara pemilu segara membuat pemetaan sebelum kampanye dimulai tanggal 24 Maret mendatang agar tidak menimbulkan masalah.

Ketua DPC Gerindra Kota Tasikmalaya H Nandang Suryana mengaku belum mengetahui jadwal kampanye rapat umum. Apalagi jadwal kampanye itu mengacu pada koalisi Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. “Belum ada informasi ke saya, enggak tahu kalau ke parpol lain,” kata dia kepada Radar, Senin (18/3).

Dia menilai jadwal kampanye rapat umum bila digabung dengan pilpres tidak akan kondusif bagi masyarakat. Meskipun dalam bingkai koalisi, setiap partai politik (parpol) punya kepentingan masing-masing untuk mengampanyekan para calon anggota legislatif (calog). “Jangankan beda partai, satu partai saja ada kompetisi kalau urusannya pileg,” tutur dia.

Namun demikian, pihaknya akan membahas soal penjadwalan tersebut dengan partai koalisi. Gerinda sendiri punya rencana melaksanakan rapat umum khusus untuk mengampanyekan calegnya. “Nanti saya coba komunikasi untuk mencari solusinya juga, begitu juga ke KPU,” ujarnya.

Menurut dia, setiap parpol dan caleg memang sudah berkomitmen untuk menjaga kondusivitas pemilu. Namun, rapat umum berhubungan dengan jumlah massa yang banyak sehingga tidak bisa diprediksi. “Meskipun tidak kita kehendaki, kadang kalau simpatisan bertemu di jalan tetap rawan gesekan,” tuturnya.

Ketua DPD Nasdem Kota Tasikmalaya Abdul Haris juga belum mendapat informasi mengenai kepastian jadwal kampanye rapat umum. Dia bahkan kaget jika dalam satu hari ada 10 parpol yang bisa melakukan rapat umum untuk pileg. “Memang jadwalnya sudah ada ya?” kata dia.

Namun demikian, pihaknya tidak mempermasalahkan jika jadwal kampanye mengacu kepada koalisi pilpres. Nasdem sejauh ini tidak merencanakan kampanye rapat umum untuk pileg. “Kecuali kalau ada instruksi dari pusat, tapi sejauh ini belum ada instruksi,” katanya.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor: 655/PL.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 tentang Perubahan Atas Keputusan KPU No 595/PL.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Rapat Umum Pemilihan Umum Tahun 2019 pada diktum ketiga disebutkan bahwa jadwal pelaksanaan kampanye rapat umum partai politik peserta pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengikuti jadwal pelaksanaan kampanye rapat umum untuk partai politik pengusul dan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden. (rga/snd)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.