Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.4%

20.4%

8.4%

66.9%

Pemilih Pemula di Pangandaran Rentan di Politisasi

42
0
PENGAWASAN. Para pemilih pemula dibekali pengetahuan terkait pengawasan partisipatif pada Pilkada 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya.
PENGAWASAN. Para pemilih pemula dibekali pengetahuan terkait pengawasan partisipatif pada Pilkada 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya.

PANGANDARAN – Pemilih pemula di Pilkada 2020 rentan dipolitisasi dan bersifat apatis saat memberikan hak suaranya.

“Mereka yang tidak memiliki bekal pengetahuan terkait undang-undang dan hukum Pemilu, sangat rentan dikendalikan oleh peserta Pemilu,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan kepada Radar, Rabu (26/8).

Kata dia, Bawaslu melakukan upaya memberikan dan asupan pemahaman terkait aturan-aturan dalam pelaksanaan Pilkada. “Kita kumpulkan anak-anak SMA dan para mahasiswa untuk menjadi pengawas partisipatif. Dengan harapan mereka bisa membantu kita untuk menjelaskan kepada rekan-rekan sebayanya tentang aturan atau regulasi Pilkada 2020,” kata dia.

Baca juga : Hanya Ada 1 Terminal Pangandaran di Cijulang

Dia berharap pemilih pemula tidak terjerumus politik praktis. “Dalam artian tidak ada yang mengendalikan mereka dan juga sikap acuh terhadap pengawasan Pilkada bisa diminimalisir,” ujarnya.

Iwan mengatakan suara pemilih pemula menjadi sesuatu yang sangat seksi dalam setiap penyelenggaraan Pilkada. “Dengan jumlah suara pemilih pemula yang cukup banyak, tentu menjadi sasaran bagi para peserta pemilih,” tuturnya.

Iwan berharap pengawasan partisipatif tidak hanya diikuti oleh para pemilih pemula, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.