Beranda Pangandaran Pemilih Pemula Harus Kritis, Cerdas dan Rasional

Pemilih Pemula Harus Kritis, Cerdas dan Rasional

156
BERBAGI
PEMILIH PEMULA. Pemilih pemula mengikuti event Rock The Vote Indonesia di STITNU Al-Farabi Minggu (15/4).

PARIGI – Ratusan pelajar dan mahasiswa mengikuti kegiatan Rock The Vote Indonesia yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Al-Farabi Kabupaten Pangandaran Minggu (15/4). Kegiatan ini juga merupakan bagian kerja sama CEEP-FISIP UI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga STITNU Al-Farabi.

”Sasaran ini tentunya ditujukan juga kepada para pemilih muda, mereka yang berusia 17-29 tahun,” ungkap Ketua pelaksana kegiatan Ade Samsudin Aziz kepada Radar Minggu (15/4).

Menurutnya tujuan utama dari kegiatan Rock The Vote untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Terutama dalam Pilgub Jabar 2018.

”Terutama mereka yang usia SMA/SMK dan alhamdulillah sekarang hadir perwaklian dari 23 SMA/SMK di Kabupaten Pangandaran,” terangnya.

Selain mendapat materi, para pelajar dan mahasiswa ini juga diajak beridskusi secara kelompok, mengutarakan pendapatan dan pengetahuan terkait pemilu.

”Selain itu mereka juga melakukan simulasi bagaimana proses pemilhan nanti di TPS,” jelasnya.

Pemateri dari CEEP-FISIP UI Prasetya Pudji Wasito mengatakan saat ini 49 persen DPS di Indonesia adalah pemilih pemula dan pemilih muda.

”Maka para pemilih pemula ini memiliki pengaruh besar dalam menentukan pemimpin jabar mendatang,” ujarnya.

Sementara di Kabupaten Pangandaran sendiri tercatat ada sekitar 80-100 ribu pemilih pemula.

”Ini merupakan angka yang cukup besar dan sangat potensial, tapi tentunya mereka harus menjadi pemilih yang rasional, cerdas dan kritis, agar pemimpin yang terpilih nanti mampu memimpin jabar,” katanya. (den)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.