Di Pilbup Tasikmalaya, Pemilih Pemula Jadi Rebutan

109
0
Deden Nurul Hidayat pengamat politik

SINGAPARNA – Jumlah suara pemilih pemula yang mencapai 30 ribu lebih akan menjadi rebutan para calon kepala daerah untuk jadi lumbung suara.

Bakal calon bupati/wakil bupati, kata pengamat politik Deden Nurul Hidayat, harus berjuang menarik hati pemilih pemula untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya.

“Artinya para bakal calon harus punya strategi agar pemilih pemula tertarik kepada calon tersebut, kiat apa yang harus dilakukan untuk menariknya,” kata Deden Kamis (16/1).

Saat ini, kata Deden, sudah zamannya gadget dan media sosial. Sosialisasi di medsos, bisa dijadikan cara bagi para bakal calon untuk meraih suara pemilih pemula yang kebanyakan memegang smartphone.

Kemudian, cara lainnya, bakal calon bisa melakukan kegiatan atau program yang didalamnya melibatkan kalangan milenial, baik lewat olahraga, musik atau kegiatan berbau kepemudaan.

Baca juga : Pemilih Pemula Capai 30.000, Pilkada Harus Dijadikan Pembelajaran Politik

“Contoh dari tim sukses calon menyediakan tempat berekspresi bagi anak muda untuk bisa berekspresi menyalurkan bakatnya. Layanan internet di tiap desa atau mengajak komunitas otomotif, sepeda motor, mobil, kreasi seni atau pendaki,” kata Deden.

Penasehat Bakal Calon Independen Cep Zamzam dan Padil Karosma (CEKAS) Tatang Farhanul Hakim MPd akan berusaha menarik hati para pemilih pemula. Caranya dengan jemput bola datang ke rumah-rumah warga.

“Saya juga menempatkan tim yang masih usia muda agar bisa mengajak teman sebayanya, mendukung dan memilih CEKAS. Termasuk kegiatan CEKAS pun diupload dimedia sosial, sebagai bagian bentuk sosialisasi ke masyarakat,” tambah dia.

Ketua Tim Pemenangan Azis Rismaya Mahfud (ARM) Ustaz Budi Ahdiat akan menerjunkan tim untuk menarik suara kalangan pemilih pemula, salah satunya tim Primajasa Masa Depan (PMD).

“Kemudian, ada tim Gerindra Masa Depan (GMD) dan TIDAR, itu yang menangani kalangan milenial dengan gaya dan trik tersendiri. Turun ke lapangan, mengajak untuk mengenal dan memilih ARM,” ujar dia.

Ketua Bappilu DPC PDI Perjuangan H Demi Hamzah Rahadian SH, MH mengatakan untuk mendapatkan suara pemilih pemula, pihaknya akan memunculkan identitas PDI Perjuangan yang selalu identik dengan partainya anak muda.

“Pemula ini satu segmen pemilih yang seksi dengan pemilih yang cukup signifikan dan akan menguntungkan bagi calon,” kata Demi.

Langkah lainnya, menggerakan sayap partai atau OKP seperti taruna merah putih, Banteng Muda Indonesia, Pemuda Demokrat dan Repdem sebagai garis perjuangan partai PDI P.

“Yang jelas kita punya tim khusus yang bergerak untuk meraih suara pemuda dan kita terus sampaikan bahwa PDI Perjuangan selalu identik dengan anak muda, metal atau merah total,” ungkap Demi.

Sebelumnya, jumlah pemilih pemula di Pilkada 2020 diprediksi mengalami peningkatan dari Pemilu 2019 yang mencapai 23.000.

KPU Kabupaten Tasikmalaya mencatat pada pesta demokrasi lima tahunan ini pemilih pemula akan berada di angka 30.000 orang. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.