Panglima ASN Wajib Profesional dan Berintegritas

Pemilihan Sekda Harus Objektif

91
0

SINGAPARNA – Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H Ruhimat meminta Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto jangan memaksakan kehendak soal pemilihan sekretaris daerah (sekda). Sehingga bisa menghasilkan panglima ASN yang profesional dan berintegritas.

Ruhimat mengatakan, selain tidak memaksakan kehendak. Bupati juga harus mengacu kepada aturan perundang-undangan dalam proses penentuannya. “Aturan pengisian sekda sudah jelas, tinggal mengikutinya saja,” terangnya.

Kemudian, kata dia, walaupun penentuan sekda merupakan hak prerogatif bupati. Ade harus objektif dan netral dalam menentukan sikapnya.

“Jangan sekali-kali lagi, dalam pemilihan dan menempatkan sekda di Kabupaten Tasikmalaya ini yang dipaksakan. Seperti sekda sebelumnya,” tegasnya.

Menurut dia, memang dari sekian banyak eselon II di Kabupaten Tasikmalaya ada beberapa pejabat yang layak menduduki jabatan sekda. Yakni Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra, Asda I Setda Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muksin dan Plh Sekda Iin Aminudin.

“Ketiganya merupakan pejabat berpengalaman dan sudah bekerja lama untuk Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap Ruhimat saat dihubungi Radar, Senin (1/4).

Selain pengalaman, kata dia, dari sisi pangkat dan golongannya pun sudah mumpuni untuk menjadi panglima ASN. Kemudian, ketiga pejabat ini juga terbukti mempunyai loyalitas terhadap berjalannya roda pemerintahan.

Terpisah, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Muksin SH MH menanggapi dingin soal dirinya yang disebut sebagai salah satu pejabat untuk calon sekda.

“Biasa saja, kita serahkan saja kepada bupati, normatif saja. Sebagai seorang prajurit akan patuh terhadap perintah dan tugas yang diberikan dari pimpinan,” ungkapnya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.