Pemilu Di Pangandaran Jangan Sebatas Seremoni

16

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran bersama TNI, Polri, Pemkab, masyarakat dan peserta Pemilu 2019, mendeklarasikan diri mewujudkan pemilu yang damai, bersih dan berintergritas.

”Pemilu 2019 ini harus tertib berintergritas dan jangan hanya sebatas seremoni saja, tapi diimplementasikan dalam pelaksanaan kampanye kali ini,” ungkap Ketua Bawaslu Iwan Yudiawan kepada Radar saat diwawancara di Pantai Pamugaran Selasa (27/11).

Iwan mengatakan dalam prooses pemilu 2019 ini, jika semuanya patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku, maka cita-cita melahirkan pemimpin yang berintergritas, profesional, amanah dan bersih akan terwujud. ”Mudah-mudahan seluruh peserta pemilu maupun DPTHP yang mencapai 300 ribuan bisa memahami itu semua,” ucapnya.

Sejauh ini, lanjut dia, belum ada indikasi kepada black campaign, hoax dan ujaran kebencian dalam penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Pangandaran. ”Sejauh ini belum ada yang terindikasi dan kami sudah melakukan deklarasi untuk mencegah masyarakat agar tidak terjerumus kedalam hal itu,” terangnya.

Iwan tidak memungkiri bahwa black campaign dan lain-lain, rentan terjadi di media sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain. ”Tapi tidak menutup kemungkinan juga, black campaign itu terjadi saat proses kampanye, ketika orasi politik muncul kampanye hitam,” ujarnya.

Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari meminta semua stakeholder menyajikan pesta demokrasi yang berkualitas dan kondusif. ”Kita ciptakan pileg dan pilpres yang demokratis,” ucapnya.

Pihaknya juga ikut menyosialisasikan langsung kepada masyarakat menjaga kondusivitas menjelang pemilu 2019. ”Kita pupuk kebersamaan untuk kondusivitas pemilu 2019,” tegasnya.

Masyakarat dan seluruh stakeholder di Pangandaran membubuhkan tandatangan dalam kain putih panjang, sebagai bentuk komitmen menjaga perdamaian dan menolak black campaign pada pemilu 2019.(den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.