Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Peminat Calon Kades di Karyamukti Tinggi

67
0
MENJELASKAN. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kesbangpol Kota Banjar Sahudi ditemui di ruanganya kemarin. Cecep herdi / radar tasikmalaya
MENJELASKAN. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kesbangpol Kota Banjar Sahudi ditemui di ruanganya kemarin. Cecep herdi / radar tasikmalaya

BANJAR – Dua dari sebelas desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak memiliki lebih dari lima bakal calon (balon) kepala desa (kades). Dua desa itu yakni Balokang sebanyak 12 dan Karyamukti 8 bakal calon kepala desa.

“Yang akan diambil tetap lima calon. Sama seperti sembilan desa yang lainnya, calon kepala desa maksimal lima orang,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kesbangpol Kota Banjar Sahudi Kamis (8/8) kemarin.

Ia mengatakan dua desa itu peminatnya paling banyak. “Memang dari dua desa itu banyak yang minat menjadi kepala desa, tapi tetap nanti akan dilakukan seleksi dan diambil lima calon yang sah menjadi calon kepala desa yang akan dipilih oleh masyarakat,” kata dia.

Sahudi menjelaskan tahapan Pilkades Serentak 2019 sudah masuk proses penetapan DPT. Setelah itu, akan dilakukan seleksi bagi dua desa untuk menentukan lima calon kepala desanya oleh panitia seleksi.

“Pelaksanaan pemilihannya secara serentak dijadwalkan tanggal 31 Okotber 2019. Pilkades Serentak juga sudah dilaksanakan pada tahun 2018 dengan jumlah sebanyak lima desa,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang masuk dalam DPT memilih kepala desa yang amanah dan mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat desa. Sementara untuk calon kepala desa, ia mengimbau untuk tidak menarik minat calon pemilih menggunakan uang (money politic).

“Kepala desa itu tidak hanya harus jujur dan pintar, tapi harus kreatif dan inovatif. Kemudian untuk calon kades, harus mampu kreatif, berbuat baik,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.