Noves Setuju, Jeni Tidak Urgen

Pemindahan Tugu Adipura ke Simpang Padayungan

AKAN DIPINDAH. Tugu Adipura di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan dipindahkan oleh Pemkot Tasikmalaya ke pulau jalan di Simpang Padayungan. Sampai saat ini rencana tersebut masih pro kontra.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Penghargaan Adipura secara berturut-turut pada 1993-1996 diraih di era kepemimpinan Bupati Tasikmalaya Kolonel Inf H Adang Roosman SH. Sebagai bukti keberhasilan, Adang pun membangunkan Tugu Adipura di kawasan Masjid Agung menjadi ikon Tasikmalaya.

Sumbangsih Adang dalam mewujudkan kota terbersih itu membanggakan warga Tasik. Tak terkecuali bagi keluarga besarnya. Bahkan sebelum dipadati kendaraan pengunjung taman kota (tamkot) seperti sekarang ini, kawasan Tugu Adipura selalu menjadi favorit ma­sya­rakat untuk berfoto ria.

H Noves Narayana, putra Adang Roosman menyatakan tidak mempermasalahkan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya yang akan memindahkan simbol keberhasilan ayahnya. Asalkan, Tugu Adipura dipindah ke tempat terhormat dan bertujuan untuk menata kota lebih baik lagi. “Setuju-setuju saja dipindahkan. Asal ke tempat yang lebih strategis dan terhormat,” ungkapnya kepada Radar, Senin (27/8).

Menurut dia, esensi dari sejarah Adipura terletak pada tugu itu sendiri. Bukan persoalan lokasinya. Sehingga, asalkan ditempatkan di lokasi strategis tentu tidak akan menghilangkan nilai historis didirikannya Tugu Adipura. “Kalau pun dipindahkan ke Padayungan masih Jalan HZ Mustofa,” tutur politisi PAN ini.

Namun demikian, Noves ingin pemindahan Tugu Adipura itu dibarengi dengan penataan yang lebih indah dan menarik. Sehingga bisa menjadi ruang terbuka publik yang bisa dinikmati. “Biar bisa jadi destinasi selfie,” terang dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Jeni Jayusman menilai rencana pemindahan tugu terkesan tidak darurat. Apalagi, kemacetan di HZ Mustofa bukan karena ada Tugu Adipura. “Sejak kapan mengganggu lalu lintas? Urgensinya apa tugu dipindahkan?” tanyanya.

Menurut dia, bila pemindahan Tugu Adipura itu akan berdampak buruk tidak menutup kemungkinan alokasi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 itu batal dieksekusi. “Ya kalau itu nantinya malah banyak madaratnya bisa saja tidak usah dieksekusi,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasik­malaya Muslim MSi menyatakan rencana pemindahan Tugu Adipura itu masih dibahas. Maka, diharapkan pemkot kembali mempertimbangkan sebelum melaksanakan pemindahan. “Saya cross check itu rencana pemindahan tugu tersebut belum final,” tandas Muslim. (igi)

loading...