Pemkab Akan Gelontorkan Rp 24 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Leles

4
PANTAU. Bupati Garut H Rudy Gunawan memantau pembangunan pasar sementara yang akan dihuni para pedagang Pasar Leles. (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

LELES – Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan anggaran sebesar Rp 24 miliar untuk merevitalisasi Pasar Leles.

Hal itu diungkapkan Bupati Garut H Rudy Gunawan usai sosialisasi revitalisasi kepada warga Pasar Leles di GOR PGRI Kecamatan Leles Jumat (5/10).

“Anggarannya sudah ada dan sudah dilelang. Sekarang tinggal pengerjaannya saja,” ungkapnya.

Rudy mengakui revitalisasi Pasar Leles mengalami keterlambatan pembangunan dari target yang sudah ditentukan. Hal itu karena terjadi gagal lelang, sehingga lelang pembangunan pasar ini harus diulang kembali.

“Seharusnya pembangunan Pasar Leles dilakukan beberapa bulan lalu. Namun terjadi gagal lelang dan membuat proses pembangunan diundur,” paparnya.

Rudy menerangkan anggaran sebesar Rp 24 miliar itu akan dibagi dalam dua tahap. Tahun ini Rp 14 miliar akan digunakan untuk konstruksi dan pemasangan atap. Sisanya akan diberikan Pemkab Garut pada awal tahun 2019 untuk penyelesaiannya.

“Pemborong harus benar membangunnya. Kami akan mengawasi. Saya tidak ingin seperti GOR (Ciateul), tiga tahun nggak beres,” katanya.

Awal pengerjaan revitalisasi Pasar Leles, kata dia, akan dilaksanakan bulan ini. Ditargetkan selesai maksimal 15 hari sebelum Lebaran 2019.

“Bulan sekarang mulai dibangun. Saya minta 15 hari sebelum hari raya (Idul Fitri) tahun depan sudah selesai,” ujarnya.

Dalam revitalisasi itu pihaknya menyiapkan 412 kios bagi pedagang di Pasar Leles. Kios-kios tersebut dikhususkan bagi pedagang eksisting Pasar Leles. Para pedagang juga tidak akan diminta bayaran saat menempati kios di pasar yang diperbaiki ini.

“Kalau ada yang dapat kios di luar pedagang yang sekarang, laporkan langsung. Mereka bisa kena pidana,” ujarnya.

Rudy berpesan kepada pedagang agar melaporkan jika ada oknum yang meminta pungutan. Dirinya menjamin pembangunan pasar 100 persen dibiayai Pemkab Garut.

“Kiosnya ini gratis, tidak perlu bayar sepeser pun. Lapor ke pak kapolsek kalau ada yang minta bayaran,” ucapnya.

Selain Pasar Leles, di tahun 2019 Pemkab Garut juga akan membangun Pasar Cikajang. Pemkab Garut juga telah merencanakan pembangunan Pasar Ciawitali Guntur pada 2020. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.