Kecamatan Ciawi dan Singaparna Jadi Pilihan

pemkab Bahas dua alternatif EXIT TOL

376
0
RAPAT. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra memimpin rapat soal penentuan exit Tol Cigatas, Senin (17/6). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya, Dr H Iwan Saputra menjelaskan ada dua kemungkinan soal exit Tol Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas) di wilayah kabupaten. Bisa di Kecamatan Ciawi atau Singaparna.

Menurut Iwan, informasi yang sudah masuk dan dibahas Bappeda Jabar, ada dua alternatif exit tol di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Awalnya memang exit tol berada di Ciawi. Namun, sekarang muncul lagi alternatif exit tol di Singaparna. Kami akan coba komunikasikan untuk mencari kepastian soal exit tol,” terangnya kepada Radar, Senin (17/6).

Pemkab Tasikmalaya masih menunggu rapat pembahasan di tingkat Jawa Barat atau pusat soal kepastian exit tol yang akan dibangun melalui wilayah kabupaten.

“Kita bisa menyesuaikan di struktur tata ruang, dengan rencana pembangunan tol. Secara usulan pastinya pemkab punya keinginan hadirnya exit tol melalui kabupaten,” paparnya.

Kasubid Tata Ruang dan Infrastruktur Wilayah Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Ai Ruhimat menjelaskan exit tol masih belum ada kepastian lokasinya, sejauh ini baru muncul dua alternatif, Ciawi dan Singaparna.

“Dari file yang dibagikan Bappeda Provinsi Jawa Barat, beredar gambar trase bahwa alternatif yang dipilih untuk pembangunan exit tol yang melalui wilayah Kabupaten Tasikmalaya di Singaparna,” kata Ruhimat.

Walaupun begitu, kata dia, belum ada kepastian atau keputusan resmi soal titik exit tol yang akan dibangun di Singaparna.

Karena, Pemprov Jabar belum memanggil Pemkab Tasikmalaya atau kota kabupaten yang terlalui dalam pembangunan jalan tol ini untuk pembahasan lanjutan.

Jelas dia, untuk jalur Tol Cigatas alternatif pertama melewati Majalaya, Nagreg, Limbangan, Cibatu, Malangbong, Rajapolah, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar.

Sedangkan alternatif kedua Majalaya, Nagreg, Limbangan, Garut, Singaparna, Kota Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar.

Kemudian muncul juga alternatif ketiga yaitu Majalaya Nagrgeg, Limbangan, Cibatu, Garut Kota, Singaparna, Kota Tasikmalaya Ciamis dan Banjar.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.