Pemkab Berutang, Obat Nunggak

368
1
JELASKAN. Plt Kabid Tata Usaha RS SMC Wiwin Winaningsih memberikan keterangan terkait piutang Pemkab Tasikmalaya, Selasa (24/4).

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menunggak Rp 3,4 miliar untuk pembayaran Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Jaminan Persalinan (Jampersal) ke RS SMC. Piutang tersebut terhitung mulai 2017 hingga 2018.

Pelaksana tugas (Plt) Kabid Tata Usaha Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama Wiwin Winaningsih mengatakan tunggakan pemerintah daerah dari tahun 2017 hingga Februari 2018 sebesar Rp 3,4 miliar.

Itu piutang Jamkesda dan Jampersal. Hampir setiap bulan jumlah pasien yang menggunakan jaminan dari pemerintah tersebut mencapai 20 persen dari total pasien yang datang.

“Memang tahun 2017 sempat ada pembayaran dari total Rp 9 miliar menjadi sisanya Rp 534 juta sisanya. Kemudian ditambah dengan piutang yang tahun ini jadi jumlahnya Rp 3,4 miliar,” ujarnya.

Dia menjelaskan setiap bulannya Pemkab Tasikmalaya lebih dari Rp 1 miliar tunggakannya untuk semua pengobatan.

“Kami baru mengajukan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya sebanyak Rp 2,3 miliar untuk piutang tahun ini,” terangnya.

Akibat piutang pemkab yang membengkak, kata dia, dampaknya rumah sakit harus berutang untuk pengadaan obat-obatan kepada distributor. Walaupun demikian, pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. (ujg)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.