Pemkab Ciamis Ajukan Rekrut 600 CPNS

36

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun ini mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk merekrut 600 calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sampai Rabu (14/8), mereka masih menunggu keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis Ihsan Rasyad AKS MM menjelaskan usulan merekrut CPNS baru itu telah ditandatangani Bupati Ciamis. Pihaknya menunggu jawaban dari Kemenpan RB tentang keputusan usulan tersebut.

“(Usulan) itu semua baik dari P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak, Red) atau dari CPNS umum apakah usulan kami ke Kemenpan RB di-acc atau tidaknya, masih nunggu,” ujar Ihsan kepada Radar, Rabu (14/8) siang.

Berkaca dari pengusulan sebelumnya, pengusulan perek­rutan CPNS 2018, baru disetujui tahun 2019. Jadi, bisa saja, pengusulan perekrutan CPNS 2019, disetujui pemerintah pusat 2020. “Karena dengan sistem serentak itu kan, kita menunggu yang 500 lebih kabupaten/kota yang di luar Jawa juga,” ujarnya.

Untuk itu, Ihsan menghimbau masyarakat Kabupaten Ciamis yang mau mengikuti rekrutmen P3K atau CPNS untuk bersabar, karena keputusannya ditentukan pemerintah pusat.

Pemerintah pusat, diberitakan sebelumnya akan merekrut 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 75 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Formasi yang paling diutamakan yakni tenaga kesehatan dan guru.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan kementerian dan lembaga negara secara keseluruhan akan merekrut 175 ribu pegawai baru.

“Untuk tahun ini akan direkrut 100.000 CPNS kemudian 75 ribu PPPK. Jadi total 175 ribu untuk seluruh Indonesia,” kata Syafruddin di sela rapat koordinasi pengadaan ASN dan perencanaan ASN tahun 2020-2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (30/7). (isr/gw/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.