Pemkab Ciamis : ASN Jangan Berbagi Parsel

78
0

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mengingatkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak berbagi parsel menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berbagi bingkisan atau sejenisnya itu masuk gratifikasi.

Sekretaris Daerah Ciamis Drs H Asep Sudarman SPd menerangkan, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait berbagi bingkisan sesama ASN. Dalam surat tersebut ditegaskan bahwa hal tersebut merupakan gratifikasi. “Kalau mau bersilaturahmi ya seperti biasa saja, tidak harus bawa bingkisan,” ujar KH Asep kepada wartawan, Jumat (17/5).

Surat imbauan dari KPK itu, kata dia, sudah diteruskan ke seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan camat. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bagi ASN untuk tidak menaati imbauan tersebut.

Asep menyadari bahwa berbagi pada Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi sesuatu yang lumrah sebagai bentuk saling menghormati sebagaimana adat ketimuran. Namun, beda halnya bila yang melakukan itu adalah ASN karena berkaitan dengan jabatan. Dengan demikian, dapat menimbulkan konflik kepentingan. “Alangkah baiknya ASN harus menjaga hal tersebut,” katanya.

Menurut dia, bila ada ASN yang menerima bingkisan sebaiknya langsung dikembalikan. Kalau lokasi pengirimannya sangat jauh bisa dilaporkan ke KPK. Bila tidak dikembalikan memang boleh disumbangkan dengan catatan telah lapor ke lembaga antirasuah. ASN boleh menerima bingkisan hanya dari keluarga saja. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.