Pemkab Ciamis Bangun Pusat Kebudayaan di Objek Wisata Ciung Wanara

35
0
MEMPERINGATI. Pemerintah Kabupaten Ciamis memperingati HUT Gong Perdamaian Dunia ke-11 secara sederhana, Rabu (9/9). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis makin serius dalam merealisasikan pembangunan pusat kebudayaan yang direncanakan di Objek Wisata Ciung Wanara Karangkamulyan. Rencannya, pembangunan tersebut akan mulai dilaksanakan bulan depan, Maret.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya membenarkan kalau pembangunan pusat budaya akan dilaksanakan pada Maret yang akan dilakukan oleh Pemprov Jabar “Saat ini proses pembangunan pusat budaya tersebut sedang dalam penyempurnaan DED yang akan diaplikasikan pada pembangunan nantinya. Konsultan pembuatan DED Pusat Budaya Karangkamulyan dilakukan oleh CV Garis Tebal Sejajar,” ujarnya.

Herdiat mengapresiasi DED yang disampaikan oleh konsultan. Menurutnya DED yang ditampilkan kali ini lebih detail dan nuansa budaya lebih terlihat daripada penyampaian pertama yang dilakukan pada expose pertama.

“Kalau DED yang ditampilkan kali ini saya sudah tergambar pada penerapannya, beda sama dengan expose terdahulu. Pihaknya mengharapkan proyek pembangunan Pusat Budaya Objek Wisata Karangkamulyan segera dilelangkan agar bisa masuk tahap pengerjaan,” katanya.

Pada intinya, kata dia, pihaknya mendukung penuh pembangunan pusat budaya tersebut. Namun, Herdiat berpesan dalam pembangunannya adalah tanaman dan pepohonan serta situs-situs yang ada tidak boleh diubah. Kondisi situs, segi tempat dan keanekaragaman flora dan fauna agar dipelihara jangan diubah-ubah. “Kalau pun mau dimodifikasikan dengan penambahan variasi tanpa menghilangkan keasliannya,” ujar dia.

loading...

Baca juga : Produktivitas Pertanian di Ciamis Perlu Dioptimalkan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Erwan Darmawan meyampaikan, bahwa tujuan diadakan ekspose DED ini untuk menampung masukan agar dapat diserap oleh konsultan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak bermasalah dikemudian hari.

“Oleh karena itu kita menampung aspirasi dari berbagai tokoh dan instansi terkait agar pembangunanna berjalan lancar,” paparnya.

Perwakilan CV Garis Tebal Sejajar, Firman mengatakan dalam penyesuaian DED pihaknya telah melalui diskusi panjang dengan tokoh dan instansi terkait. Mulai dari teknis pembangunan dan bentuk bangunan yang akan dibuat pun sudah disesuaikan.

“Kita tidak mengubah terlalu banyak struktur design dari Objek Wisata Ciung Wanara, namun menambahkan beberapa bangunan dengan ornamen-ornamen kebudayaan setempat,” ujarnya.

Lanjut dia, adapun bangunan tambahan untuk Pusat Kebudayaan Ciamis di antaranya pendopo dan rumah komunitas budaya. Selain itu juga akan dibangun bale depan/gazebo dan lainnya. Selanjutnya dibangun pula, gerbang, area parkir, museum,  play ground, taman olahraga, plaza, taman air dan kumoko dan rest area.

“Kita saat ini masih proses penyempurnaan DED, saran dan masukan dari masyarakat Ciamis akan kami tampung dan diterapkan pada DED untuk pembangunan nantinya,” ujarnya. (rls/isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.