Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

STIKes Mucis Siap Menyediakan SDM

Pemkab Ciamis Kekurangan Tenaga Kesehatan

17
0
WISUDA. Keluarga besar STIKes Mucis difoto bersama dengan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya, Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum dan para tamu undangan lainnya, Rabu (9/10). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis masih kekurangan tenaga kesehatan khususnya untuk RSUD Kawali. Hal tersebut diungkapkan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya saat menghadiri wisuda STIKes Muhammadiyah Ciamis (Mucis) di Gedung Islamic Centre Jalan Iwa Kusuma Soemantri, Rabu (9/10).

Menurut Herdiat, tenaga dokter, perawat dan bidan masih banyak dibutuhkan. Maka dari itu, diharapkan lulusan-lulusan STIKes Mucis bisa mengisi kekurangan pos itu. “RSUD Kawali juga dioperasionalkan pada tahun depan. Mudah-mudahan bisa terserap di sana lulusan kesehatan yang ada di Ciamis,” kata Herdiat.

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum menerangkan, saat ini ilmu pengetahuan sangat maju begitu cepat. Maka dari itu, lulusan STIKes Mucis harus mampu mengimbangi dengan perkembangan yang ada. Selain menguasai bidang kesehatan, mereka juga harus mampu menguasai bidang bahasa, seperti Inggris, Jepang dan Arab. “Insyaallah akan menang dalam persaingan tersebut,” ujar Uu yang juga menghadiri wisuda STIKes Mucis.

Uu menjelaskan, kalau suatu bidang ditangani oleh yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya. Maka dari itu, profesionalisme di bidang kesehatan harus dijunjung tinggi. Apalagi, penduduk Jawa Barat mencapai sekitar 50 juta jiwa atau dua kali lipat penduduk Malaysia. Dengan demikian, insan-insan kesehatan sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat Jawa Barat.

Para intelektual di bidang kesehatan sangat dinantikan pemerintah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) pun mendorong lahirnya lembaga-lembaga atau rumah sakit-rumah sakit di Jawa Barat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memberikan peluang kepada insan-insan kesehatan untuk mengabdi. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.