Pemkab Ciamis Kini Mengaku Tidak Malu Lagi, Memiliki Enam Armada Tambahan untuk Damkar

49
0
ARMADA BARU. Pemkab Ciamis membeli enam armada untuk pemadam kebakaran. Mobil nantinya akan diparkir di kecamatan eks kewedanaan.

CIAMIS – Mendukung sarana prasarana armada Pemadam Kebakaran (Damkar), Pemerintah Ciamis membeli enam unit mobil. Rinciany, tiga unit damkar dan tiga unit tangki water supply.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menyerahkan armada-armada tersebut ke Satpol PP Ciamis Jumat (13/12) siang.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menjelaskan Pemkab Ciamis sebelumnya hanya memiliki tiga unit damkar. Dari tiga kendaraan itu, hanya dua unit yang bisa digunakan. Dua armada itu dipakai untuk memadamkan api di 27 kecamatan.

“Ketika terjadi kebakaran membutuhkan jarak tempuh yang cukup jauh. Ketika sampai di lokasi, sehingga api sudah membakar seluruh rumah,” ujarnya.

Dia berharap tiga armada damkar baru dan tiga tangki penyedia air ini dapat melayani masyarakat saat ada kebakaran. Tentunya damkar baru ini akan disimpan di bekas kewedanan, yakni di Ciamis perkotaan, Rancah dan Banjarsari.

“Damkar nantinya akan diparkir di kantor kecamatan guna mempercepat ke lokasi kejadian,” terangnya ke wartawan.

Herdiat menyampaikan bahwa damkar baru ini memiliki kapasitas 4.000 liter dan untuk tangki pemasok air sebesar 5.000 liter. Kedua jenis kendaraan ini digunakan secara berpasangan. Damkar digunakan untuk memadamkan api, sedangkan tangki digunakan untuk mengangkut air untuk persediaan. Jadi semuanya akan menunjang. “Makanya skala prioritasnya di daerah eks kewedanaan secara bertahap. Ke depannya untuk damkar baru ini akan disebar di perkotaan Ciamis, Banjarsari dan Rancah,” paparnya.

Sebelumnya, kata Herdiat, Pemkab Ciamis bila terjadi kebakaran sering dibuat malu. Seperti contoh kebakaran terjadi di daerah pinggiran, sedangkan posisi damkar berada di kota. Jadi saat armada sampai lokasi kebakaran, api sudah padam. “Ketika terlambat, masyarakat langsung tepuk tangan (menyindir, Red). Semoga dengan tambahan damkar ini sebagai antisipasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dia berharap damkar tersebut tidak dipakai, karena artinya di Ciamis tidak ada kebakaran lagi, sehingga masyarakat tetap aman dan selamat.

“Kami juga rencananya akan kembali menambah tiga unit damkar di tahun 2020 guna menunjang kinerja,” jelas orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini.

Pelaksana Tugas Kasatpol PP Ciamis Titin menjelaskan tambahan tiga pasang unit damkar atau enam mobil itu bisa memenuhi standard response time 15 menit.

Pihaknya juga akan menambah dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petugas damkar. Tentunya semua harus menunjang dengan adanya kendaraan juga. Bahkan spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Hanya yang sekarang ini semprotannya lebih jauh, me­sin lebih besar dan bagus. Inti­nya untuk me­me­nuhi stan­dar 15 menit, ka­rena kalau lebih waktunya sudah dianggap habis yang akan di tolong.

“Makanya upaya kita akan maksimalkan gu­na pela­yanan kepada ma­syarakat,” tan­dasnya. (isr)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.