Pemkab Ciamis Minta Jalan Amblas Segera Diperbaiki, Karena..

80
0
Loading...

CIAMIS – Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis Dr H Tatang MPd berharap jalan yang amblas di Kecamatan Pamarican segera diperbaiki.

Karena pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis dengan Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran itu belum diserahterimakan.

“Masih pemeliharaan. Bahkan itu kan belum dibayar,” ujar Sekda Dr H Tatang MPd saat diwawancara di ruang kerjanya, Rabu (2/12).

Menurut Sekda, jalan yang amblas itu penting bagi masyarakat karena dipakai akses pertanian, perekonomian, pendidikan, sosial dan semuanya.

Dalam wawancara terpisah, Ketua Fraksi PDIP DPRD Ciamis H Ohan Hidayat menduga amblasnya jalan di Pamarican itu bukan karena bencana alam.

Loading...

Baca juga : Sungai Citalahab Pamarican Ciamis Meluap, Rumah dan 25 Ha Sawah Terendam

Namun ada faktor lain. Bisa jadi karena ada kesalahan dalam perencanaan pembangunannya.

Pasalnya sebelumnya, kata dia, tim dari Komisi C telah memantau ke lokasi jalan tersebut atau sebelum jalan tersebut amblas. Penilaian Komisi C saat itu, kata dia, pembangunan jalan tersebut kurang memuaskan.

Pertama dari kontur jalan di lokasi itu seringkali patah-patah atau pergeseran tanah, tentunya, kata dia, harus dipasang tiang pancang sampai ke dalam. “Jadi diduga ini salah perencanaan,” ujarnya.

Menurut Ohan, kalau memang tahu di lokasi itu rawan patahan atau pergerakan tanah, maka sejak awal harus ada persiapan. Setidaknya bisa dilakukan antisipasinya untuk meminimalisir keparahan saat terjadi patahan.
“Kalau tahu sudah rawan pergeseran tanah minimal pakai rambat beton minimal pakai pancang,” kata Ohan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.