Pemkab Ciamis Pesan Peti jenazah untuk Pasien Covid-19 Meninggal

60
0
ISTIMEWA MENGUBURKAN. Petugas pemakaman istirahat usai memakamkan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

CIAMIS – Kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis masih bertambah. Pemerintah terus berupaya menekan agar penularan virus corona itu bisa ditangani.

Pemkab Ciamis saat ini memesan peti mati untuk pasien yang meninggal dunia. Langkah tersebut sebagai antisipasi saat ada pasien Covid-19 yang wafat.

Termasuk memesan peti jenazah untuk pasien Covid-19 dari kalangan muslim.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya mengatakan pihaknya memesan peti jenazah sebanyak-banyaknya. Itu bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Direktur RSUD Ciamis dr Rizali Sofiyan menjelaskan, peti mati atau peti jenazah untuk muslim berbeda dengan peti biasa. Jika peti mati biasa, jenazah telentang, untuk jenazah muslim miring.
“Memang kita agak sulit memesan peti tersebut,” ujarnya Senin (7/12).

Baca juga : Youth Fun Juggling Competition di Ciamis Agar Anak Jadi Pesepak Bola Profesiona

Dokter Rizali memiliki pengalaman soal peti mati. Saat itu RSUD Ciamis, mempunyai stok dua peti jenazah. Namun yang meninggal dunia tiga pasien. Untuk itu, pihaknya saat itu menunggu kiriman peti jenazah dari Tasik.

“Mudah-mudahan peti yang ada nanti tidak terpakai,” ujarnya berharap.

Sementara itu Bupati Herdiat menjelaskan saat ini kasus Covid-19 di Ciamis semakin bertambah. Sebanyak 21 orang meninggal dunia, 220 sembuh dan 323 melakukan isolasi mandiri.

Bupati mengingatkan bila ada yang sudah divonis positif Covid-19 dan masih berkeliaran harus ditindak tegas karena itu bahaya menyebarkan.

“Harus ditindak tegas. Ditangkap,” ujarnya tegas.
Rizali menambahkan bahwa dalam rapat penanganan Covid-19 di Pemkab Ciamis, bupati menyampaikan bahwa satgas harus diperkuat dan diingatkan kembali, baik sagas tingkat kecamatan ataupun tingkat desa.

Termasuk membuat tempat isolasi bagi pasien yang tidak memungkinkan isolasi di rumah, baik di tingkat kecamatan atau tingkat desa. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.