Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Pemkab Ciamis Siap Bantu Perbaiki Jembatan Cirahong yang Bantalan Kayunya Rusak

99
0
radartasikmalaya
Akibat ada kendaraan yang terperosok, jembatan Cirahong yang di atasnya rel jalan Kereta Api, Macet, Selasa (15/09) pagi. istimewa untuk radartasikmalaya.com

CIAMIS – Terkait rusaknya bantalan kayu penopang jalan pada Jembatan Cirahong, yang Menghubungkan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya, disikapi oleh pemerintah.

Sekdis Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertahanan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, H Okta Jabal Nugraha ST menjelaskan, bahwa Jembatan Cirahong adalah aset milik PT KAI, termasuk segala kewenangannya perihal bantalan kayu pada jembatan di atas Sungai Citanduy itu.

“Jembatan tersebut membatasi Kabupaten Ciamis denganTasikmalaya. Jadi sifatnya membantu dalam pemeliharaan dari belanja hibah. Jadi upaya kita hanya membatu. Bahkan sering dialokasikan untuk penggantian bantalan kayunya,” papar Okta.

Pihaknya menghimbau peran serta masyarakat setempat, untuk bisa memelihara dengan baik, dan sama-sama punya rasa memiliki.

Terlebih, Jembatan yang dibuat zaman penjajahan Belanda itu, usianya sudah ratusan tahun dan kondisinya masih kokoh.

“Sebenarnya jembatan itu untuk kereta api, dan di bawahnya dimanfaatkan untuk kendaraan kecil melintas Sungai Citanduy, perbatasan Ciamis dan Tasikmalaya,” ungkapnya.

Okta menambahkan, budaya gotong royong harus digalakan dalam pemeliharaan jembatan tersebut, karena dengan cara gotong royong segala pembangunan akan cepat tuntas.

“Kami berharap seluruh warga bisa menjaga akses yang sekaligus aset sejarah tersebut. Akses jalan tersebut mempermudah masyarakat dalam berbagai hal, baik ekonomi dan pendidikan dan lainnya,” paparnya.

Harun (70) warga sekitar mengungkapkan, adanya Jembatan Cirahong ini membantu sekali untuk akses melintas kedua wilayah baik Ciamis atau Tasikmalaya.

Dimana akses perdagangan, pendidikan juga jadi cepat bila lewat jembatan tersebut.

“Sekarang kondisi batalan kayunya lapuk dimaka usia, bolong-bolong dan tidak sedikit pengguna jalan terutama mobil yang terperosok. Sehingga warga harus ramai-ramai mengangkat mobil yang terperosok. Ini harus segera diatasi, jangan sampai ada peristiwa yang lebih parah,” ujarnya.

(iman s rahman)

Berita Terkait :

Jembatan Cirahong Rusak Parah, Pemkab Ciamis & Tasik Diminta Perbaiki

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.