Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Pemkab Ciamis Siapkan Rp 6 Miliar untuk Pilkades Serentak

38
0

CIAMIS – Sebanyak 143 desa di berbagai kecamatan akan mengadakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 2020. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis pun mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk pesta demokrasi lima tahunan di desa-desa itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis H Lili Romli SH MM menerangkan, pilkades serentak itu sudah masuk dalam pembahasan di rapat koordinasi. Penyusunan panitia akan dilaksanakan pada Desember 2019 atau Januari 2020. Pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan unsur keamanan akan dilibatkan dalam penyusunan itu.

“Untuk pilkades serentak baru akan dimulai setelah semuanya telah siap, dari mulai panitia pelaksana dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT), selanjutnya penjaringan calon kemudian penetapan calon,” kata Lili di ruangannya, Jumat (11/10).

Pada Januari 2020, kata dia, akan mulai sosialisasi pilkades ke desa-desa yang menye­lenggarakan. Adapun pelaksanaan pemilihan diperkirakan pada April 2020. “Kami akan berupaya memberikan dorongan dan juga pemaparan serta aturan agar para calon kepala desa mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemangku kebijakan di wilayahnya, serta para panitia mampu melaksanakan sesuai aturan yang ada,” katanya.

Anggaran untuk pilkades ta­hun depan itu, kata dia, dialo­kasikan sekitar Rp 6 miliar. Dana tersebut untuk mem­biayai semua tahapan pilkades dari awal hingga tun­tas. Sumbernya dari ang­­garan pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Kami berharap pelaksanaan pilkades berjalan lancar, kondusif dan aman, serta melahirkan dan meng­hasilkan pemimpin yang jujur, amanah dan ber­tanggung jawab ter­hadap kinerjanya dan ma­syarakat,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.