Pemkab Diminta Tanggung Jawab Kasus Korupsi Pokir dan BOP

82
0
ilustrasi

GARUT KOTA – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padjadjaran menilai kasus dugaan korupsi dana pokok-pokok pikiran (pokir) dan biaya operasional (BOP) di DPRD Garut bukan sepenuhnya tanggung jawab dewan.

“Perlu diketahui, dalam penganggaran dan pelaksanaannya (pokir), tidak dikelola oleh anggota DPRD, tapi oleh eksekutif. Jadi secara administratif, pemerintah daerah yang harus tanggung jawab,” jelas Ketua Pengawas Lembaga Bantuan Hukum Padjadjaran Garut Hassanuddin Minggu (14/07).

Sementara itu, kata dia, beberapa tahun belakangan Pemkab Garut mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Pengawasan juga dilakukan beberapa lembaga pengawas pemerintahan. Menurut dia, seharusnya dokumentasi laporan-laporan pengawasan dari lembaga-lembaga tersebut secara formal prosedural dibuka. “Jika laporannya tidak ada praktik koruptif pada program pokir, maka dipertanyakan kinerja pengawasan lembaga-lembaga tersebut,” katanya.

Dia menambahkan negara pun telah memiliki sistem pengawasan dan pengendalian keuangan negara yang tertata rapi. Sistem ini, mampu mendeteksi dan mengungkap tindakan korupsi. “Harusnya, temuan-temuan korupsi dapat dideteksi oleh perangkat pengawas pemerintahan yang ada,” ujarnya.

Dia berharap semua pihak bisa menahan diri dan tidak melakukan politisasi upaya penyelidikan yang tengah dilaksanakan Kejari Garut dan mempersilakan Kejari memproses secara profesional. “Hormati penegak hukum, tidak perlu ada intervensi agar tidak ada tuduhan politisasi,” paparnya.

Terpisah, Bupati Garut H Rudy Gunawan mengaku tidak akan mengintervensi penyelidikan kasus pokir dan BOP oleh Kejari Garut. Dirinya malah mempersilakan penegak hukum memproses jika ada pejabat pemerintah yang terlibat dalam kasus tersebut. “Saya malah mendorong pak Kajari untuk terus memproses kasus ini. Supaya ada efek jera kepada pelakunya,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.