Pemkab Garut Ajukan 6 Juta Dosis Vaksin Covid-19

19
0
SIMULASI. Bupati Garut H Rudy Gunawan saat meninjau simulasi pemberian vaksin Covid 19 di Puskesmas Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (8/1). Yana Taryana / Rakyat Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL– Bupati Garut H Rudy Gunawan optimis vaksin Covid-19 yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan ke Kabupaten Garut sesuai dengan ajuan.

“Kita ajukan 6 juta lebih dosis vaksin untuk Garut. Kami yakin ajuan itu dipenuhi oleh pemerintah pusat,” ujar Rudy usai meninjau simulasi pemberian vaksin Covid 19 di Puskesmas Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (8/1).

Rudy menerangkan pengiriman vaksin Covid-19 ke Kabupaten Garut akan dilakukan dalam waktu dekat. Sehingga pekan ketiga bulan Januari 2021 pemberian vaksin Covid-19 tahap satu sudah bisa dilaksanakan.

“Jadi kita hari ini (kemarin, Red) melakukan simulasi vaksinasi, sehingga ketika pelaksanaan bisa lancar. Untuk tahap pertama, pejabat publik dan tenaga kesehatan akan diberi vaksinasi,” ujarnya.

Baca juga : Helmi Pantau Penerapan Prokes di Perkotaan Garut

Rudy menerangkan, nantinya dalam pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat akan dilakukan di 67 Puskesmas. Rudy juga menyebut, selain Puskesmas pihaknya juga tengah mencari lokasi yang lebih besar untuk pemberian vaksinasi.

Tahap awal pemberian vaksin Covid-19, pihaknya masih menggunakan Puskesmas. Nantinya tempat vaksinasi akan diperbanyak sesuai kebutuhan dan jumlah tenaga kesehatan yang tersedia.

loading...

“Yang jelas pelaksanaan vaksinasi ini butuh tempat besar, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Mulai dari validasi sampai skrining atau wawancara. Nanti akan diberikan juknis (petunjuk teknis) juga dari kami selain dari kementerian,” katanya.

Dalam skrining calon penerima vaksin, ada sejumlah persyaratan yang harus dilalui. Dari 13 pertanyaan yang diajukan, jika ada salah satu yang tak terpenuhi, maka pemberian vaksinasi akan ditunda atau tidak diberikan.

“Ini sangat ketat sekali. Kalau dari 13 pertanyaan ada yang tak terpenuhi, tak boleh atau ditunda vaksinnya,” terangnya.
Rudy mengaku akan jadi orang pertama di Kabupaten Garut yang akan disuntik vaksin Covid 19. Rudy Gunawan akan disuntik vaksin sinovac pada 14 Januari 2021.

“Saya, pak wakil dan para pimpinan daerah serta tokoh masyarakat akan ikut disuntik vaksin Covid tahap pertama,” ujarnya.

Vaksin Covid yang akan disuntikan berasal dari Cina, yakni Sinovac. Vaksin Sinovac merupakan salah satu vaksin yang pertama didatangkan ke Indonesia dengan jumlah dosis sebanyak 1,2 juta.

“Pemberian vaksinnya di sini (Puskesmas Pembangunan). Saya akan disuntik vaksin Sinovac dari Cina hari Kamis (pekan depan) setelah Presiden sehari sebelumnya,” paparnya. (yna)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.