Pemkab Garut Akan Selesaikan Pembangunan Rumah Sakit di Tiga Kecamatan

63
0
dr Helmi Budiman Wakil Bupati Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut tahun ini akan menyelesaikan pembangunan tiga rumah sakit tipe D di tiga kecamatan. Pembangunan di Kecamatan Malangbong, Balubur Limbangan dan Bungbulang itu sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami ingin pelayanan kesehatan dekat dengan masyarakat, baik itu di kota maupun di pelosok,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan Jumat (3/1).

“Kami ingin memudahkan masyarakat pelosok daerah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Selama ini harus pergi ke wilayah perkotaan Garut, sekarang tidak akan lagi,” tambahnya.

Ia menambahkan Pemkab Garut sudah melakukan tahapan pembangunan untuk Rumah Sakit Bungbulang dan tahap perencanaan di Balubur Limbangan, sedangkan Rumah Sakit Malangbong diperkirakan selesai tahun 2020.

“Rumah sakit di wilayah Kecamatan Malangbong sedang dalam proses, bulan April sudah mulai beroperasi,” ujarnya.

Sementara untuk rumah sakit di Kecamatan Bungbulang, lanjut dia, tahun 2018 sudah memiliki lahan. Namun karena tanahnya labil, pemerintah pun mencari lahan lain yang aman dari ancaman bencana.

Jika tahap pembebasan lahan di Bungbulang sudah selesai, maka akan masuk tahap pembangunan rumah sakit. “Lokasi rumah sakitnya di Desa Bungbulang, tahun ini masuk dalam tahap pembangunan,” katanya.

Menurut dia, rumah sakit yang dibangun di tiga kecamatan itu akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih cepat dan maksimal. Seperti Rumah Sakit Malangbong, kata dia, lokasinya strategis di pinggir jalan.

“Selain pelayanan kesehatan semakin mudah terjangkau, dampak lainnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.