Pemkab Garut Batalkan Bayar Utang Warga ke Rentenir

148
0
H Rudy Gunawan

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut membatalkan program bantuan untuk warga yang mempunyai utang ke rentenir atau biasa masyarakat menyebut bank emok. Hal itu karena dari hasil pendataan, utang masyarakat ke rentenir lebih dari satu juta rupiah per orangnya.

“Program ini bukan ditiadakan, tapi dialihkan. Karena warga yang memiliki utang ke bank emok ini kebanyakan Rp 2-4 juta. Padahal pagu anggaran yang disiapkan Pemkab maksimal Rp 1 juta,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan di Pendopo Garut Jumat (17/4).

Baca juga ; Distribusi Ribuan Botol Miras dari Bandung ke Garut Digagalkan Polsek Tarogong Kidul

Dengan kondisi itu, kata dia, maka program tersebut tidak cocok diterapkan. Sehingga pihaknya memilih menerapkan program untuk membantu dana usaha kepada warga.

“Program bantuan masih ada dan akan dilaksanakan. Anggarannya juga masih Rp 10 miliar. Namun tak menyangkut untuk membayar utang ke bank emok,” ujarnya.

Dana bantuan sebesar Rp 10 miliar itu, kata dia, bisa dibagikan ke 20 ribu warga. Namun besarannya sekitar Rp 500 ribu. “Lihat dulu kalau Rp 500 ribu, ya ada untuk 20 ribu orang. Kalau Rp 1 juta untuk 10 ribu (orang),” ujarnya.

Rudy menyebut hasil kajian dari kejaksaan dan pengadilan, bank emok tak boleh memiliki akses ke pemda. Persoalan bank emok lebih baik diproses secara hukum.

“Anggarannya tetap diadakan, tapi tak ke bank emok. Korban bank emok silakan, kita kasih modal. Nanti syarat bantuannya harus punya usaha. Seperti pedagang yang biasa ke sekolah-sekolah atau emperan,” ujarnya.

Baca juga : 13 Warga Garut Meninggal Selama Pandemi Corona

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berencana membayar utang-utang masyarakat di rentenir atau biasa dikenal “bank emok”. Pembayaran utang sebagai bagian dari program penanggulangan dampak Covid-19 yang dilakukan Pemkab Garut.

“Di tengah pandemi corona ini, banyak warga yang kesulitan membayar pinjaman ke bank emok (rentenir). Sekarang kita akan bantu melunasinya,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan beberapa waktu lalu. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.