Pemkab Garut Bentuk Tim Siaga Kemarau

17
0
KEMARAU. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman bersama Tim Reaksi Cepat Siaga Kemarau kemarin. Tim dibentuk untuk mengantisipasi dampak kemarau. yana taryana / rakyat garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut membentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Kemarau (TRCSK). Tim tersebut dibentuk untuk mengantisipasi dampak kemarau panjang yang sudah mulai terjadi di beberapa wilayah.

“Tim TRCSK ini untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat yang terdampak kekeringan,” ujar Wakil Bupati Garut usai apel di halaman Kantor BPBD Garut Senin (8/7).

Dalam tim reaksi cepat, pihaknya melibatkan beberapa dinas yakni Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kesehata, Dinas Ketahanan Pangan, Baznas Garut, PDAM dan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman. “Kami sengaja melibatkan berbagai dinas supaya penanganan pengaduan kekeringan suatu daerah cepat diatasi,” katanya.

Helmi berharap dengan adanya tim tersebut berbagai permasalahan yang menyangkut dampak kemarau, seperti kebutuhan air bersih, kekurangan pangan, kebakaran hutan dan kekeringan sawah segera diatasi. “Jadi sekarang masyarakat tinggal lapor ke tim ini, kami akan tangani cepat,” katanya.

Selain menunggu laporan, tim juga mulai turun ke lapangan untuk mendata wilayah mana saja yang mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Pemkab Garut juga telah menyediakan beberapa kendaraan tangki air bersih untuk memasok ke daerah-daerah yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Pihaknya sedang berupaya membantu petani mencegah gagal panen di musim kemarau. Langkah yang dilakukan, yakni menyediakan sumur dangkal dan pompa penyedot air. “Kita selamatkan dulu musim tanam sekarang, supaya petani juga tidak merugi,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.