Pemkab Garut Cari Lahan untuk Relokasi Warga Korban Longsor di Talegong & Cisewu

76
0

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut akan melakukan relokasi warga terdampak longsor di Kecamatan Talegong dan Cisewu. Saat ini, Pemkab Garut mulai mencari lahan yang aman dari bahaya bencana alam untuk merelokasi warga di dua kecamatan.

“Saat ini lahan yang ditinggali warga rawan bencana. Jadi kita akan relokasi semua yang terdampak bencana ini,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Selasa (8/12).

Rudy menerangkan untuk mencari lahan, pihaknya sudah menerjunkan petugas di wilayah Cisewu dan Talegong yang selanjutnya bisa diusulkan sebagai lahan relokasi bagi warga korban longsor.

Baca juga : Bagi Hasil Panas Bumi di Garut Harus Sejahterakan Warga

Selama ini, lanjut dia, petugas di lapangan belum mendapatkan lahan yang cocok untuk dijadikan pemukiman rumah penduduk karena tempatnya perbukitan yang dinilai bahaya terjadi bencana alam seperti longsor maupun pergerakan tanah.

“Susah cari tempatnya, sampai saat ini belum ada tanah yang luas, ada tanah yang datar tapi tidak luas,” terangnya.

Menurut dia, kondisi tanah yang terdampak bencana longsor di Cisewu dan Talegong memprihatinkan dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan ketika turun hujan di daerah itu.

Pemerintah daerah, kata dia, terus berupaya menanggulangi warga yang terdampak bencana tanah longsor dengan menyiapkan tempat pengungsian dan kebutuhan makannya setiap hari.

“Kita siapkan kebutuhannya, sehari kebutuhan makan saja untuk pengungsi kita siapkan sekitar Rp 20 juta,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.