Pemkab Garut Klaim Kesembuhan Pasien Covid-19 Mencapai 90%

121
0

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengklaim tingkat kesembuhan pasien Covid-19 mencapai lebih dari 90 persen.

“Meski terjadi peningkatan luar biasa (outbreak), tetapi tingkat kesembuhan juga tinggi lebih dari 90 persen,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Senin (9/11).

Meski angka kasus Covid-19 yang dapat disembuhkan tinggi, Pemkab Garut terus berupaya untuk meningkatkan kinerja penanganan. Salah satunya dengan melakukan pengetatan protokol kesehatan.

Menurut bupati, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Garut terus mengalami peningkatan. Maka dari itu pihaknya terus melakukan kajian-kajian untuk meningkatkan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat. “Sekarang langkah yang dilakukan yakni penerapan protokol kesehatan, seperti mengurangi keramaian dan yang terakhir mungkin kami menyiapkan tempat isolasi,” ujarnya.

Baca juga : Perhutani KPH Garut Kembangkan Destinasi Wisata Hutan

Sementara itu, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan Pemkab Garut terus berupaya membentuk tim relawan Covid-19 hingga tingkat desa, guna menyosialisasikan pentingnya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun atau 3M kepada masyarakat.

“Kita sudah membentuk relawan-relawan untuk ditugaskan di setiap kecamatan, bahkan sampai ke pelosok. Di kecamatan pun, sudah membentuk relawan tingkat desa yang masuk ke kampung kampung, di desa pun sama,” ungkapnya.

Helmi menerangkan pemeriksaan melalui swab test sudah melebihi target. Semula Pemkab Garut menargetkan 26 ribu warga, namun hingga kini sudah mencapai 35 ribu dengan angka kasus positif corona hingga Senin (9/11) terdapat 970 kasus.

”Jangan hanya dilihat dari angka positifnya saja, tapi lihat juga rate-nya. Ternyata positif rate-nya kita itu hanya sekitar dua persenan. Artinya kita (Garut) masih normal, sebab yang dibawah 5 persen itu masih bagus,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.