Pemkab Garut Membuka Peluang Investor Industri Menengah

9

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut membuka peluang kepada investor, baik dalam maupun luar negeri yang ingin mendirikan usaha industri menengah.

“Kami sangat terbuka untuk para investor industri menengah yang ingin membuka usaha di Garut,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan Kamis (1/11).

Saat ini, terang dia, dengan adanya perubahan RTRW No 29 tahun 2011, perusahaan industri menengah bisa didirikan di seluruh kecamatan.

“Di seluruh kecamatan bisa didirikan industri menengah. Itu sesuai peraturan pemerintah yang berlaku agar dapat menyerap banyak tenaga kerja,” terangnya.

Ia menjelaskan industri menengah itu yang modal usahanya tidak termasuk tanah dan bangunan sebesar Rp 10 miliar. Jika lebih dari itu, maka sudah masuk industri besar.

Industri menengah, terang dia, seperti produksi pakaian, jaket dan pabrik bulu mata. “Tidak ada tempat khusus, di mana saja boleh, kecuali industri kulit hanya di Garut Kota dan Karangpawitan,” katanya.

Ditanya terkait kawasan untuk industri besar, dia menyebutkan di Kabupaten Garut tidak ada. Sesuai peraturan pemerintah, kata bupati, Garut yang memiliki kawasan hutan dan pegunungan tidak diperuntukan menjadi kawasan industri besar.

“Hanya industri menengah saja. Kalau industri besar itu tidak boleh ada di Garut,” katanya.

Ia mengungkapkan pemerintah daerah sebelumnya ingin menata daerah yang dapat menjadi kawasan industri. Tapu akhirnya aturan membolehkan dibangun industri menengah dimana saja.

Aturan itu, lanjut dia, menguntungkan Pemerintah Kabupaten Garut karena akan membangun perekonomian dan dapat menyerap banyak tenaga kerja di Garut. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.