Pemkab Garut Salurkan Bantuan ke Korban Banjir & Longsor

39
0
Loading...

GARUT KOTA – Pemerintan Kabupaten (Pemkab) Garut mendapatkan bantuan puluhan ton beras dan benih padi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Pertanian.

Bantuan 42 ton beras dari Provinsi Jawa Barat dan 10 ton benih padi dari Kementerian Pertanian itu akan disalurkan ke empat kecamatan di wilayah selatan Garut yang terkena bencana banjir bandang dan longsor.

Bupati Garut Garut H Rudy Gunawan mengatakan bantuan akan disalurkan di empat kecamatan yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor, yakni Kecamatan Cikelet, Cisompet, Pameungpeuk dan Cibalong.

“Kami sekarang hanya menerima saja, selanjutkan akan disalurkan ke empat kecamatan yang terkena bencana. Nantinya disalurkan oleh camat masing-masing,” ujar Rudy usai menerima bantuan beras di Pendopo Garut, Rabu (25/11).

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Ruang Isolasi RSUD Garut Penuh

loading...

Rudy mengatakan bencana banjir bandang dan longsor berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat di wilayah selatan Garut, khususnya di empat kecamatan tersebut. Terutama masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

Akibat bencana itu ribuan hektare lahan pesawahan mengalami gagal panen, bahkan ada sebagian area pesawahan yang belum bisa digarap akibat tertimbun longsor.

“Dengan adanya bantuan benih padi dan beras ini sangat membantu sekali dalam menghidupkan kembali pertanian di wilayah selatan Garut,” ujarnya.

Untuk bantuan benih padi ini, tambah Rudy, bukan hanya ke empat kecamatan saja, tetapi juga menyalurkan ke Kecamatan Peudeuy. Karena di wilayah tersebut banyak petani yang gagal panen imbas bencana banjir dan longsor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail berharap bantuan bisa membantu permasalahan pangan di Kabupaten Garut, khususnya wilayah selatan yang terkena bencana banjir bandang dan longsor.

“Mudah-mudahan bantuan pangan ini bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat khususnya di wilayah selatan Garut yang terkena bencana,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.