Pemkab Garut Siapkan 13 Hektar Lahan untuk RMPM di Desa Sukasenang

134
0
TINJAU. Camat Banyuresmi Jujun Juhana didampingi Kepala Desa Sukasenang Iwan Ridwan dan Kepala Desa Pamekarsari Iman Sulaeman meninjau lokasi lahan yang akan digunakan untuk pembangunan sarana RMPM, kemarin. Yana Taryana / Rakyat Garut

BANYURESMI – Pemerintah Kabupaten Garut tengah menyiapkan lahan 13 hektare untuk pembangunan sarana rice milling plan modern (RMPM) di kawasan Desa Sukasenang dan Desa Pamekarsari, Kecamatan Banyuresmi.

Pembangunan RMPM yang merupakan program dari Badan Urusan Logistik (Bulog) pusat ini dilakukan untuk membantu kebutuhan beras nasional.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Pemkab Garut Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sektor Pertanian & Peternakan

“RMPM ini semacam pabrik pengolahan gabah modern yang dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti mesin pengering, penggiling termasuk gudang,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Rabu (7/10).

Menurut dia, dengan adanya RMPM ini dipastikan akan sangat membantu para petani padi yang ada di Kabupaten Garut dalam menjual hasil panennya. Nantinya padi yang dihasilkan petani nantinya bisa diserap langsung oleh Bulog melalui RMPM yang ada.

Selain itu, adanya tempat pengolahan padi ini, akan sangat berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, karena akan menyerap tenaga kerja yang banyak.

Rudy mengatakan, rencana pembangunan RMPM saat ini sudah mulai pada tahap persiapan. Rencana pembangunan dan segala sesuatunya langsung dilaksanakan pihak Bulog pusat sedangkan Kabupaten Garut hanya diminta untuk menyiapkan lahannya.

“Kami pilih Banyuresmi dalam pembangunan RMPM ini, karena memiliki lahan yang memadai. Lahan itu merupakan carik Desa Sukasenang dan Desa Pamekarsari yang nantinya oleh Pemkab Garut akan diganti,” terangnya.
Sementara itu Kepala Desa Sukasenang

Iwan Ridwan, menyampaikan dukungannya terhadap program pembangunan RMPM di daerahnya. Menurutnya, keberadaan RMPM tersebut akan sangat berdampak positif terhadap perekonomian warga sekitar khususnya, dan Kabupaten Garut pada umumnya.

“Dengan adanya sarana RMPM di wilayah kami ini, tentu akan ada keramaian lalu terjadi pertumbuhan ekonomi yang ujung-ujungnya akan memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar. Apalagi RMPM ini berskala nasional dan bukan hanya dapat membantu meningkatkan perekonomian para petani yang ada di wilayah Banyuresmi saja akan tetapi juga petani di Kabupaten Garut,” ucap Iwan.

Baca juga : 256 Warga Garut Positif, 193 Pasien Sembuh

Iwan berharap, kehadiran sebuah perusahaan berskala nasional di daerahnya ini tidak hanya akan membantu para petani dalam penyerapan hasil panen mereka.

Lebih dari itu, perusahaan ini juga diharapkan akan dapat menyerap tenaga kerja lokal sehingga bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di daerahnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.