Pemkab Garut Siapkan Rp5 M untuk Bikin 1 Juta Masker

86
0
BAGIKAN. Masyarakat menerima pembagian masker gratis yang diinisiasi oleh anggota Fraksi PDI-P Garut Yudha Puja Turnawan, Minggu (12/4). Yana Taryana/ Radar Tasikmalaya

TAROGONG KIDUL – Pembuatan satu juta masker yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Garut untuk masyarakat harus sesuai standar kesehatan dunia dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Masker yang akan dibuat Pemda Garut ini jangan hanya asal masker. Tetapi harus sesuai standar yang ampuh mencegah virus,” kata anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan kepada wartawan,  Minggu (12/4).

Baca juga : Ribuan Karyawan dari 20 Hotel di Garut Dirumahkan

Menurut dia, program pembuatan satu juta masker dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5 miliar ini memang langkah yang bagus sebagai wujud mendukung program pemerintah pusat yang mengharuskan seluruh warga menggunakan masker.

Namun pengadaan masker itu, kata dia, tidak dibuat sembarangan, melainkan harus sesuai dengan standar kesehatan yang mampu mencegah dari penularan penyakit khususnya wabah virus corona.

“Jangan sampai dibuat masker tapi hasilnya mubazir tidak mampu menangkal virus, makanya ini harus diperhatikan, jangan asal buat masker,” terangnya.

Jika pemerintah daerah akan melibatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pembuatan masker itu, tentu standar kesehatan yang mampu menangkal penyebaran virus harus terpenuhi oleh pelaku usaha di Garut. “Apakah nanti pemesanannya dari pabrikan, atau dari UMKM lokal, saya kira standar kesehatan harus tetap terpenuhi,” katanya.

Ia menambahkan Komisi IV DPRD Garut juga mendorong pemerintah daerah segera menambah rapid test Covid-19 di setiap pelayanan kesehatan di seluruh daerah Garut.

Pemeriksaan cepat itu, kata dia, untuk memberikan kepastian dan rasa tenang bagi masyarakat khususnya yang berstatus prang dalam pemantauan (ODP) untuk mengetahui lebih awal kondisi kesehatannya.

“Rapid test COVID-19 ini penting disediakan banyak di Puskesmas untuk memeriksa pasien ODP sehingga masyarakat tenang,” paparnya.

Baca juga : Raja Kandang Wesi Garut Ngaku Punya Obat Corona, 2 Hari Sembuh

Sebelumnya,  Pemerintah Kabupaten Garut akan menyediakan 1 juta masker untuk dibagikan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mendukung pemerintah pusat dalam mencegah penyebaran virus corona.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan dalam menyediakan ribuan masker untuk masyarakat ini, Pemkab Garut akan melibatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Garut. “Dinkes Garut kini sedang mencari UMKM yang mau bekerja sama memenuhi kebutuhan 1 juta masker kain ini,” ujarnya kepada wartawan di Pendopo Garut, Selasa (7/4). (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.