Pemkab Garut Tambah Ventilator untuk Tangani Pasien Covid-19

22
0
ALAT BANTU. Bupati Garut H Rudy Gunawan menyebut pemkab akan menambah ventilator atau alat bantu pernafasan.
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Garut menambah 20 ventilator atau alat bantu pernapasan di RSUD dr Slamet Garut. Penambahan alat bantu pernapasan dilakukan karena banyaknya pasien Covid-19 yang mengalami gejala berat masuk ke rumah sakit.

“Sekarang pasien Covid-19 yang mengalami gejala berat banyak masuk ke rumah sakit.Jadi kita dalam dua-tiga hari ke depan akan menambah alat kesehatan 20 ventilator,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/1).

Rudy menerangkan, penambahan ventilator diperlukan, karena banyaknya pasien Covid-19 bergejala berat di RSUD dr Slamet yang membutuhkan alat bantu pernapasan.

Baca juga : Pemkab Garut Ajukan 6 Juta Dosis Vaksin Covid-19

”Di RSUD dr Slamet menangani beberapa pasien yang mempunyai gejala yang sangat berbahaya, akibatnya dalam beberapa hari terakhir dua sampai tiga orang meninggal,” katanya.

loading...

Ia menuturkan pandemi Covid-19 di Kabupaten Garut masih terjadi dan setiap harinya terus ditemukan kasus terkonfirmasi positif dengan kondisi tanpa gejala maupun menunjukkan gejala berat.”Kita terus berupaya melakukan langkah konkret untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19, termasuk menangani pasien bergejala berat di rumah sakit,” ujarnya.

Rudy menegaskan tentang perlunya upaya serius menangani pasien positif Covid-19 yang gejala berat dengan menyiapkan berbagai peralatan kesehatan, termasuk obat-obatan, agar pasien bisa sembuh.

Kondisi pandemi yang saat ini cukup mengkhawatirkan itu, kata dia, harus menjadi perhatian masyarakat, khususnya tenaga medis, agar lebih maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap pasien positif Covid-19.

“Kita akan menyediakan obat pasien yang harganya Rp7,5 juta sekali pakai yang diperuntukkan bagi pasien yang mengalami gejala berbahaya,” terangnya.

Ia berharapupaya tenaga medis di rumah sakit itu bisa menyelamatkan pasien positif Covid-19.Selain itu, masyarakat diharapkan ikut membantu mengendalikan pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ia menginstruksikan seluruh camat dan ketua tim satuan tugas di tingkat kecamatan meningkatkan penegakkan disiplin protokol kesehatan di daerah masing-masing. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.