Pemkab Garut Tingkatkan Kualitas Embung-embung Desa

45
0
PANTAU. Bupati Garut H Rudy Gunawan saat memantau embung di Desa Cibunar. yana taryana / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Pemerintan Kabupaten Garut akan berupaya meningkatkan kualitas embung-embung desa. Seperti yang akan dicanangkan di Embung Desa Cibunar di Kecamatan Tarogong Kidul.

Di lokasi embung tersebut nantinya akan dibangun sebagai bumi perkemahan.

“Nantinya semua embung desa akan ditingkatkan kualitasnya, bukan hanya sebagai penampungan air, tetapi juga bisa jadi objek wisata,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Minggu (20/12).

Rudy menerangkan untuk meningkatkan kualitas dari embung Desa Cibunar, akan dibangun fasilitas penunjang agar wisatawan merasa nyaman dan aman. Ia pun berkomitmen memberikan bantuan untuk pencanangan Bumi Perkemahan Embung Desa Cibunar.

Baca juga : Pedagang Kojengkang Cising Tasikmalaya Masih Jualan

“Saya akan memberikan komitmen, bahwa ini akan dapat bantuan dari pemerintah Kabupaten Garut, masukan dalam RPTK (Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan), misalnya RPTK yang berhubungan dengan menjadikan (tempat) ini sebagai pusat pariwisata yang ada di Tarogong Kidul,” ujarnya.

Menurut Rudy, nantinya di Embung Desa Cibunar akan dibangun fasilitas penunjang, seperti jalan, toilet dan fasilitas penunjang bumi perkemahan lainnya.

“Fasilitas akan bagus, jalan lebar tiga meter, disini juga ada sesuatu yang kita buatkan lapang parkir,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Tarogong Kidul Doni Rukmana menuturkan embung yang menggunakan mesin pompa dari anggaran dana desa ini bisa mengairi kurang lebih 100 hektare sawah.

“Embung ini bisa mengairi 100 hektare (sawah) yang di atas, mesinnya sudah ada, ditarik barangkali ke atas, untuk mengairi apabila sawah-sawah yang di atasnya kekeringan,”paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.