Pemkab Kesulitan Lahan untuk Embung

21
0
H Uu Saepudin

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kesulitan mendapatkan lahan untuk membuat tempat penampungan air atau embung di wilayah utara Garut. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut H Uu Saepudin.

“Rencana pembuatannya (embung, Red) sudah digulirkan beberapa tahun lalu. Saat ini belum terealisasi karena sulit dapat lahannya,” ujar kepada wartawan di kantornya Jumat (8/3). Pembuatan embung, kata dia, dilakukan untuk memasok air di wilayah utara Kabupaten Garut, khususnya saat musim kemarau.

Uu menerangkan pemanfaatan situ untuk menampung air masih kurang. Sebab, banyak situ yang sudah beralih fungsi sebagai area pesawahan. Salah satunya, Situ Rancakukuk di Kecamatan Banyuresmi.

Situ Rancakukuk, kata dia, kini menjadi area persawahan. Padahal dulu situ tersebut digunakan untuk menampung air dari Situ Bagendit di musim hujan. “Situ Rancakukuk berubah fungsi karena kurang pengawasan dari pemerintah desa, karena situ berada di lahan milik desa,” katanya.

Selain fungsi situ terus berkurang, tambah dia, keberadaan Bendungan Copong juga belum maksimal. Kondisi tersebut membuat pasokan air ke hilir menjadi berkurang ketika musim kemarau.

“Ketika kemarau ketersediaan air untuk irigasi hanya sekitar 30 persen saja, sehingga tidak bisa mengairi seluruh area pertanian di wilayah utara,” terangnya.

Uu mencontohkan musim kemarau tahun lalu. Sekitar 200 hektare lahan di lima desa di Kecamatan Banyuresmi terancam mengalami kekeringan. Hal itu karena 38 daerah aliran irigasi ketika kemarau sebagian besar tidak mengalir. “Karena fungsi situ berkurang dan tidak ada embung, jadi ketika musim kemarau seperti itu (kering),” terangnya.

Maka dari itu, untuk megantispasi musim kemarau tahun ini Pemkab Garut terus melakukan berbagai upaya, salah satunya yakni membeli sumber air dan membuat embung. “Walau sekarang masih musim hujan, kami perlu antisipasi stok air. Beberapa waktu lalu pak bupati juga sudah menyiapkan anggaran untuk membeli sumber mata air. Ada 17 titik sumber mata air yang tengah disiapkan untuk dibeli,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.