Pemkab Malu Kalau Sampah Berserakan

34
MEMBERSIHKAN. Petugas kebersihan sedang mengangkut sampah di sekitaran Pantai Barat Pangandaran Selasa (25/12).

PANGANDARAN – Dinas Lingkungan Hidup bekerja ekstra untuk mengumpulkan sampah yang mengalir ke pantai barat dan timur. Selain sampah yang dibuang pengunjung, banyak sampah kiriman dari sungai yang harus dibersihkan.

“Terutama di Pantai Barat, banyak sampah kiriman disana jadi ditargetkan sampai tanggal 29 Desember sudah beres,” ungkapnya Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah kepada Radar, Selasa (25/12).

Dalam sehari, setidaknya ada 24 kubik sampah yang diangkut dalam sehari. ”Sementara armada sampah kita hanya sedikit, ya sedikit kewalahan juga, satu mobil per hari tiga rit,” terangnya.

Menurutnya, kebanyakan sampah yang mengalir ke pantai adalah sampah jenis plastik, kayu dan lain-lain. ”Pokoknya sampah yang suka dibuang warga ke sungai, kemudian mengalir ke pantai,” katanya.

Saat ini jumlah petugas yang dikerahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup mencapai 204 orang, mereka disebarkan ke beberapa tempat objek wisata dan pemukiman warga. “Terutama ke kawasan wisata utama seperti green canyon, dan batu hiu,” terangnya.

Dia berharap sebelum penghunjung tahun, objek wisata di Pangandaran sudah bersih dari tumpukan sampah. ”Demi kenyamanan wisatawan juga, kalau sampah masih berserakan ya malu juga,” tuturnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.