Pemkab Matangkan Musrenbang

74
0
BERI PENGHARGAAN. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya memberikan penghargaan kepada pemenang lomba inovasi daerah Kabupaten Ciamis 2019 pada momen musrenbang di Aula Adipati Angganaya Bappeda, Rabu (3/7). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangun Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 di Aula Adipati Angganaya Bappeda, Rabu (3/7).

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menerangkan, forum musrenbang mempunyai arti sangat penting lantaran ada kesepakatan rancangan RPJMD 2019-2024. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan verifikasi rencana strategi (renstra) pada 24-26 Juni 2019 serta sinkronisasi dan klarifikasi dengan para pemangku kepentingan pada 1 Juli 2019. “Melalui tahapan kegiatan tersebut diharapkan dapat tersusun dokumen perencanaan yang lebih komprehensif,” ujar Herdiat.

Herdiat menyampaikan, RPJMD 2019-2024 merupakan periode terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025. Pada periode terakhir ini diarahkan untuk pencapaian kesejahteraan melalui penciptaan struktur sosial dan ekonomi masyarakat yang kukuh berlandaskan kemandirian dan keunggulan kompetitif yang didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki daya saing, infrastruktur yang baik dan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif.

Berdasarkan arah kebijakan RPJPD, hasil analisis kondisi dan potensi daerah, permasalahan serta tantangan yang ada, maka pemerintah telah menetapkan visi Kabupaten Ciamis 2019-2024 yaitu “Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera untuk Semua”. Visi tersebut mengandung makna bahwa diharapkan perekonomian Kabupaten Ciamis lima tahun ke depan dalam kondisi mantap, dalam arti kukuh dan kuat dalam menghadapi tantangan perekonomian nasional dan global. “Mantapnya kemandirian perekonomian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata,” tuturnya.

Dalam rangka mewujudkan visi dimaksud telah dirumuskan enam misi pembangunan sebagai berikut. Pertama, meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kedua, meningkatkan ketersediaan infrastruktur wilayah yang mendukung perkembangan wilayah. Ketiga, membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan dan potensi unggulan lokal. Keempat, memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Kelima, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Keenam, penguatan otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan desa.

Tentunya visi dan misi tersebut telah dijabarkan ke dalam tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta program pembangunan daerah. “Selanjutnya untuk mengukur tingkat keberhasilan pencapaian visi dan misi telah ditetapkan indikator kinerja daerah yang ingin di capai selama lima tahun ke depan,” tuturnya.

Herdiat menjelaskan, berkenaan dengan itu terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama, yaitu program prioritas yang telah dirumuskan, diharapkan dapat menjadi komitmen bersama dalam menjawab permasalahan daerah yang dihadapi. Kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas mengharuskan pemerintah untuk melakukan inovasi dan kreativitas dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah melalui ekstensifikasi dan intensifikasi potensi pendapatan daerah serta berupaya mencari sumber pendanaan baik yang berasal dari APBD provinsi, APBN maupun sumber dana lainnya.

Diperlukan pula adanya sinergi program, baik antarsektor, antarsumber daya maupun antarwilayah dalam mencapai sasaran pembangunan secara efektif dan efisien. Setelah pelaksanaan musrenbang ini, proses selanjutnya adalah penyampaian rancangan perda RPJMD kepada DPRD untuk dilakukan pembahasan. Apabila telah ditetapkan menjadi perda maka secara resmi menjadi pedoman pemerintah untuk menjalankan roda pembangunan di Kabupaten Ciamis. Semoga melalui media musrenbang ini dihasilkan perencanaan yang dapat mengakomodir kepentingan masyarakat dan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. “Saya ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menjaga kondusivitas dan bahu membahu menggali potensi yang kita miliki guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat tatar Galuh Ciamis yang kita cintai ini,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.