Pemkab Pangandaran akan Bubarkan Kegiatan Ngabuburit

68
0

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Pangandaran melarang masyarakat melaksanakan tradisi ngabuburit Bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona, apalagi sudah ada warga Pangandaran dinyatakan positif.

Saat ini jumlah pemudik yang datang ke sampai Minggu (26/4) berdasarkan laporan hasil pemantauan pengamanan perbatasan mencapai 21.495 orang.

Sehingga ketika adanya kerumunan massa akan mempercepat penyebaran virus corona.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, sejak pandemi Covid-19 merebak pihaknya mengimbau agar tidak berkerumun dan tetap mentaati kebijakan physical distancing yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Selain itu, ketika bandel ada yang berkerumun akan segera menindak tegas dengan pembubaran, sama halnya ngabuburit saat Ramadan akan dibubarkan juga.

Loading...

“Dari awal kerumunan atau sekarang ngabuburit akan dibubarkan. Kita sudah kerja sama dengan kepala desa, Satpol PP, Babinsa, Babinkamtibmas yang akan menyelesaikannyanya,” katanya kepada Radar, Senin (27/4).

Baca Juga : Pangandaran 1 Positif Corona, Seluruh Keluarga, Dokter & Tim Medis Dikarantina

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ngabuburit, para pemudik yang baru datang tidak menutup kemungkinan ikut ngabuburit dan di sana bisa menjadi media penyebaran Covid-19.

“Selain perbatasan Pangandaran sudah melakukan peningkatan pengetatan. Saya harap 21.495 orang harus disiplin mengikuti isolasi mandiri selama 14 hari jangan malah ngabuburit,” katanya, mengimbau.

Baca Juga : Perempuan Warga Parigi yang Postif Corona Sebelumnya Berkunjung ke Padaherang Pangandaran

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menjelaskan, pencegah penyebaran virus corona akan melibatkan personel gabungan.

Tujuannya agar masih terus mengintensifkan kegiatan patroli kewilayahan sehingga kegiatan ngabuburit atau pun buka puasa on the road dapat dibubarkan seperti di kawasan wisata Pantai Batu Hiu, wisata Pantai Pangandaran, Jalan Bojong Salawe, Pantai Madasari dan Pantai Legokjawa.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga akan menertibkan masyarakat yang tidak menggunakan masker saat aktivitas keluar rumah.

Karena sudah jelas imbauan untuk selalu menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.