Pemkab Pangandaran Akan Menyiapkan Tim Normalisasi Sungai

52
MEMANTAU LOKASI. Bupati H Jejej Wiradinata memantau lokasi untuk normalisasi Sungai Ciputrapinggan Kamis (14/3). (Deni Nurdiansah/radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata bergerak cepat terkait penyiapan normalisasi Sungai Cikidang dan Ciputrapinggan.

Rencananya, Pemkab Pangandaran segera membuat tim normalisasi sungai. Salah satu tugasnya yaitu memastikan jumlah kepala keluarga yang terdampak proyek beranggaran Rp 19 miliar tersebut.

Kemarin (14/3), Jeje langsung memimpin peninjauan ke lokasi normalisasi Sungai Ciputrapinggan dan Cikidang. Dia ingin memastikan jumlah rumah dan bangunan yang kemungkinan terkena dampak proyek pengerukan sungai tersebut.

Jeje mengatakan pihaknya langsung mengumpulkan warga dari beberapa desa yang terlewati Sungai Ciputrapinggan dan Cikidang. Ia sudah menyampaikan terkait rencana pengerukan tersebut kepada warga.

”Intinya kita sudah melaksanakan konsultasi dengan mereka. Intinya kita akan buat tim untuk memastikan berapa yang terkena dampaknya,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui di Desa Pananjung Kamis (14/3).

Kajian sementara, menurut Bupati, jika pelebaran dari normalisasi dua sungai tersebut mencapai 12 meter, paling hanya beberapa rumah saja terkena dampaknya.

”Kalau (pelebaran, Red) 25 meter, kemungkinan ada 24 rumah yang kena,” kata dia.

Jika yang terkena dampak pelebaran dua sungai itu antara 5-10 rumah, Pemkab, kata Jeje, bisa menempatkan mereka di perumahan nelayan.

”Karena di sana rumahnya juga permanen, atau mungkin juga di-cover rutilahu (rumah tidak layak huni, Red),” jelasnya.

Koordinator Sub Unit Pelayanan Wilayah Sungai Cimedang Ciputrapinggan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Barat Oom Abdurahman mengatakan pihaknya pun akan membentuk tim untuk memastikan apakah ada tanah masyarakat yang terganggu oleh proyek tersebut.

”Nanti bisa diketahui berapa luasan yang terganggu dan berapa biaya untuk ganti rugi yang harus dikeluarkan,” jelasnya.

”Kemungkinan pelebaran di hulu adalah empat meter, tengah lima meter dan hilir 10 meter,” katanya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.