Pemkab Pangandaran Larang Warga Takbiran Keliling

86
0

PANGANDARAN – Jelang IdulFitri 1441 Hijriyah tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pangandaran diimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling.

Hal itu, berkaitan dengan hasil evaluasi melakukan perpanjangan pembatasan wilayah dan pembatasan fasilitas umum sampai 29 Mei.

Tujuannya agar terhindar dari kerumunan, dengan begitu tidak dapat menyebabkan penyebaran Covid-19.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan takbir keliling pada malam takbiran dilarang diselenggarakan selama masa pembatasan wilayah dan pembatasan fasilitas umum di Kabupaten Pangandaran sampai 29 Mei.

Namun masyarakat dapat melaksanakan malam takbiran di rumah saja atau di Masjid dengan protokol kesehatan, untuk upaya mencegah penularan virus Corona.

“Pangandaran melaksankan pembatasan wilayah dan pembatasan fasilitas umum (sampai 29 Mei, Red) agar tidak adanya kerumunan. Termasuk melarang melaksankan takbir keliling jelang malam takbiran Idul Fitri 1441 H,” katanya kepada Radar, Sabtu (23/5).

Agar pembatasan ini masih tetap maksimal, kata Nana, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI-Polri, Satpol-PP, dan organisasi masyarakat untuk menyiapkan pos pengamanan pada saat malam takbiran.

Maka masyarakat bisa merayakan malam takbiran di rumah sesuai dengan aturan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pangandaran.

“Tetap ada pos penjagaan di perbatasan dan simpul keramaian bersama dengan TNI-Polri dan satpol PP untuk menjaga kondusifitas malam takbiran dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, salat ied Idul Fitri 1441 H tetap berjalan tapi sesuai dengan protokol kesehatan Pandemi Covid-19, kata dia, namun pelaksaannya diharapkan di lapangan.

Hal itu, karena Kabupaten Pangandaran berstatus zona biru sehingga dapat melakukan salat Ied secara berjemaah di lapangan.

“Besok (Minggu (24/5), Red) salat ied berjemaah di lapangan sebagai uji coba (rencana relaksasi pembatasan wilayah pada 10 Juni, Red). Dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Selanjutnya yang baru selesai isolasi khusus tidak boleh ikut dalam salat Ied tersebut,” katanya.

(fatkhur rizqi)

Video Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.