Pemkab Pangandaran Mengalokasikan Rp. 7,1 Miliar untuk Kesehatan Gratis

92
0
PUSKESMAS. Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran mengimbau dokter untuk tidak mengeluarkan resep yang membebani pasien, Minggu (12/1). Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
PUSKESMAS. Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran mengimbau dokter untuk tidak mengeluarkan resep yang membebani pasien, Minggu (12/1). Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran mengimbau kepada dokter Puskesmas di seluruh Pangandaran, untuk tidak mengeluarkan resep yang dapat membebani pasien.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Aris Rismawan mengatakan imbauan tersebut sebagai upaya menyukseskan pogram kesehatan gratis di Kabupaten Pangandaran.

”Pelayanan Kesehatan Gratis (PKG) itu ditujukan bagi seluruh masyarakat sebagai program bupati dan wakil bupati,” jelasnya kepada Radar, Minggu (12/1).

Menurut dia, jika ada pasien di puskesmas yang membutuhkan obat akan tetapi tidak tersedia di Puskesmas. Dokter bisa mengeluarkan resep dengan catatan harus ada persetujuan dari pihak keluarga pasien.

”Jangan sampai nantinya resep yang dikeluarkan tersebut menjadi beban pasien, karena harus membeli dari luar,” katanya.

Pada tahun 2019 lalu, lanjut dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran mengeluarkan anggaran PKG sebesar Rp 7,1 miliar.

Baca : Bangunan Puskesmas Disiapkan Tahan Gempa

”Untuk pelayanan dasar sebesar Rp 5,6 miliar dan pelayanan rujukan sebesar Rp 1,5 miliar,” tuturnya.

Anggaran PKG tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2018 lalu,dengan total anggaran mencapai Rp 4,4 miliar.

”Tahun tersebut serapan anggaran PKG mencapai Rp 4,1 miliar,” katanya.

Salah seorang warga, Anton Sugandi (60) mengeluhkan adanya pemberian resep yang mengharuskannya membeli obat keluar.

”Kami bukan anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tapi kan Pemerintah Kabupaten Pangandaran punya program PKG, yang diperuntukan bagi warga asli Pangandaran,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.