Garut Selatan Jadi DOB, Geliat Dakwah Merata

Pemkab Perlu Intens Lobi Pusat

23
0
KH Sirodjul Munir
Loading...

TAROGONG KIDUL – Banyak manfaat dirasakan masyarakat jika Garut Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Selain akan mempercepat dan memeratakan pembangunan, geliat dakwah di wilayah selatan akan makin merata.

“Kalau Garut Selatan mekar, maka jangkauan dakwah akan lebih luas. Karena di selatan nantinya akan ada MUI juga,” ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut KH Sirodjul Munir kepada Rakyat Garut, Rabu (27/3).

Menurut dia, dengan adanya pemekaran, ormas islam yang saat ini berkumpul di wilayah perkotaan Garut, bisa mulai berdiri di wilayah Garut Selatan. Dengan begitu, geliat dakwah di wilayah selatan akan lebih merata. “Sekarang di wilayah selatan ini memang masih kurang pembinaan kepada masyarakat,” katanya.

Kondisi tersebut, kata dia, membuat beberapa masyarakat di wilayah Garut Selatan terhasut aliran-aliran sesat. Salah satunya aliran Sensen. “Kebanyakan pengikutnya di wilayah selatan,” terangnya.

Dengan adanya pemekaran, kata dia, penyebaran aliran sesat bisa lebih terdeteksi dan diantisipasi dengan berdirinya ormas islam di selatan. “Sekarang memang ada pengurus tingkat kecamatan, tetapi lebih maksimal ketika berdiri tingkat daerah,” terangnya.

loading...

Ceng Munir -sapaan akrab KH Sirodjul Munir- menerangkan seharusnya pemekaran perlu disegerakan. Karena wacana pemekaran sudah lama. “Pemerintah daerah harus mengupayakan untuk pencabutan moratorium di pusat. Itu yang menjadi ganjalan saat ini,” te­rangnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah juga harus mem­persiapkan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur penunjang lainnya. “SDM-nya juga harus dipersiapkan, karena saya melihat kurang siap,” terangnya.

Bukan hanya itu, pemerintah juga harus memikirkan terkait sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang nanti akan menghidupi wilayah tersebut. “Persiapan ini harus dipikirkan. Jangan sampai memikirkan adanya kekuasaan baru, tetapi harus memikirkan juga bagaimana wilayah itu bisa berkembang,” terangnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.