Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Pemkab Sambut Baik Rencana Pembangunan PLTB di Tasik Selatan

835
0
PRESENTASI PLTB
PT. Akuo Energy melakukan presentasi di hadapan SKPD di ruang rapat Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (04/08). radika robi/ radartasikmalaya.com

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang diwakili Asda 1 dan beberapa perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membahas Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dengan PT Akuo Energy di aula rapat Wiratanuningrat, Senin (3/8).

Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan Setda, Ahmad Muksin mengungkapkan, pihaknya menyambut kedatangan tim dari PT Akuo Energy Indonesia yang berencana membangun PLTB di wilayah Tasik Selatan.

“Jika melihat Tata Ruang memungkinkan, juga untuk investor nilainya cukup bagus. Pada prinsipnya kita welcome, karena untuk memenuhi kebutuhan listrik dari tenaga angin. Sekarang masih proses, pengajuan belum, baru sowan dan melakukan presentasi,” paparnya kepada Radar, Senin (3/8).

Muksin mengaku, cukup mengapresiasi karena nanti juga berkaitan dengan pendapatan daerah.

Selain itu, pihaknya welcome dan akan melakukan rapat lanjutan terkait proses lengkap perizinan dari PT Akuo Energy.

Di Tasik Selatan, kata Muksin, terdapat potensi angin yang cukup bagus. Ke depannya, bisa dibuatkan seperti pariwisata, atau kawasan tertentu.

“Kita pelajari secara utuh, nilai investasi cukup tinggi. Nanti kebutuhan listrik bukan hanya untuk memenuhi wilayah di Kabupaten Tasikmalaya saja, namun juga kebutuhan listrik Nasional dapat terpenuhi,” ungkapnya.

Muksin menambahkan, siapapun yang ingin membangun Tasik, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tentunya akan selalu terbuka welcome.

Yang terpenting tidak melanggar aturan dan menguntungkan masyarakat.

“Kenapa tidak ? Kita tertarik dengan rencana mereka. Keseriusan mereka selanjutnya akan mengurus berkas dan survei lokasi,” kata Muksin.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanaman Modal, Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tasikmalaya Cahyono Rahman menyebutkan, nantinya hasil pemaparan dengan PT Akuo Energy dibuatkan nota dinas untuk diserahkan kepada Bupati untuk menentukan kebijakan terhadap maksud tujuan investor.

“Kita sangat menyambut baik dan mendukung rencana pembangunan proyek pembangunan PLTB di wilayah Tasikmalaya. Diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dengan rencana pembangunan PLTB ini,” tuturnya.

Menurutnya, jika PLTB sudah terbangun, tentu akan memberikan dampak yang luar biasa.

Bukan hanya dari segi energi saja, namun juga dari segi perekonomian dan kepariwisataan akan mendapat imbas positif.

Selain itu, juga mendukung program sumber listrik alternatif Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) serta program nawacita terpenuhinya pasokan listrik 35 GW.

“Dampak postif pastinya cukup besar, pasalnya PT Akuo Energy memutarkan nilai investasi yang cukup besar di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap dia.

(radika robi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.